Mau Tetap Produktif dan Sehat Saat Berpuasa Ramadan, Begini Caranya

Ilustrasi: Tips tetap produktif selama puasa Ramadan. (Ist.)
Ilustrasi: Tips tetap produktif selama puasa Ramadan. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Puasa Ramadan sering menjadi alasan untuk menurunkan produktivitas. Padahal sebenarnya hal itu tak perlu terjadi.

BACA JUGA:

Dengan tetap menjaga asupan gizi dan olahraga yang teratur, kita sebenarnya tetap bisa menjaga produktivitas dan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. Nah, untuk itu, simak tips berikut ini:

Perhatikan santap sahur dan berbuka
Kita mesti memperhatikan benar ketika bersantap sahur. Santap sahur amat penting agar tubuh kita tetap fit walaupun menjalankan aneka aktivitas selama sehari. Hindari bersantap sahur dengan makanan yang terlalu berminyak. Makanan yang berminyak dapat membuat kita cepat lesu.

Maka, pilihlah makanan yang memiliki gizi seimbang, yang mampu memberikan energi cukup untuk berkegiatan sepanjang hari. Jangan lupa untuk memakan buah dan minum susu.

Sementara untuk berbuka puasa, makanlah secara perlahan, mulai dari makanan ringan hingga yang yang berat. Perhatikan pula keseimbangan gizi dan vitamin pada saat santap buka puasa. Jangan asal kenyang ya, Gaes!

Lakukan tugas penting setelah sahur
Sebaiknya selepas sahur, kamu jangan langsung tidur lagi. Setelah salat subuh, ada baiknya kamu melakukan aktivitas penting yang memerlukan konsentrasi. Karena pada saat ini, energi kamu masih “penuh”.

Buat jadwal kegiatan
Baik pula jika kamu bisa membuat jadwal kegiatan. Ini juga akan sangat membantu kamu dalam menggunakan energi dalam tubuh. Dengan jadwal tersebut, kamu jadi lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu serta membagi waktu.

Istirahat dan olahraga yang cukup
Selama berpuasa, tubuh juga perlu istirahat serta tetaplah berolahraga. Ini juga akan membantu kamu dalam meningkat produktivitas, lantaran tubuh tetap terjaga vitalitasnya.

Maka, upayakan agar istirahat cukup selama kurang lebih 7 jam sehari. Sementara untuk olahraga, kamu bisa mengambil porsi selama setengah sampai satu jam sehari.

So, semoga tip ini bermanfaat bagi kamu untuk menjaga agar tetap produktif dan sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*