Mulai Bosan Belajar di Rumah, Yuk Ubah Ruang Belajar Kamu, Begini Caranya




Ilustrasi: Tips menata ruang agar betah belajar di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Tips menata ruang agar betah belajar di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com — Kondisi ruangan ternyata menjadi faktor pendukung penting dalam proses belajar di rumah. Maka kamu juga perlu memperhatikan kondisi ruang belajar agar nyaman untuk belajar.

BACA JUGA:

Hasil survei terhadap 1600 guru yang dilakukan MDR Education, sebuah lembaga konsultan pendidikan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kondisi ruangan belajar berdampak terhadap keberhasilan siswa dalam kegiatan akademik. Sementara, penelitian yang dihimpun Journal of Learning Space menemukan bahwa temperatur, pencahayaan, dan suara dalam ruang belajar juga dapat memengaruhi cara belajar.

So, jika kamu mulai bosan dengan ruang belajar di rumah, ini saatnya untuk mengubah tata letak atau menambah pencahayaan, serta yang lain, agar mendukung proses belajar. Yuk simak berikut agar kamu mudah dalam mengubah tata letak ruang belajar kamu:

Tata ruangan sesuai kebutuhan
Jika kamu suka suasana sepi kala belajar, ada baiknya ubah tatak letak meja belajar kamu jauh dari jendela, agar tidak terganggu dengan suara-suara dari luar. Atau kamu juga bisa memindah ruang belajar ke kamar yang tidak ada gangguan suara.

Kamu juga perlu menata ruangan agar nyaman untuk belajar, misal sediakan tempat untuk buku dan peralatan menulis yang tak jauh dari jangkauan tangan, tempat sampah, meja untuk menempatkan air minum atau makanan, serta yang lain. Tata sedemikian rupa sehingga kamu merasa nyaman.

Jangan lupa pula, jaga agar ruang dan meja selalu rapi. Artinya setiap kali kamu selesai belajar, mesti dibersihkan dan dirapikan kembali. Ini penting agar kamu selalu betah berlama-lama di meja belajar.

Atur ruang belajar menjadi ergonomis
Idealnya, tinggi meja belajar harus setara pinggang. Carilah pula kursi dengan ketinggian yang pas, sehingga kamu bisa meletakkan siku di atas meja tanpa mengangkat pundak dan bisa meletakkan kaki rata di lantai ketika duduk di kursi belajar. Pakailah kursi dengan bantalan yang tidak keras, sehingga kamu tidak mudah capek ketika duduk.

Jika kamu belajar dengan komputer atau laptop, pastikan jarak monitor ke mata kamu sekira 18-30 sentimeter. Pasang pula layar anti-silau untuk menjaga agar mata tak cepat capek.

Buat pencahayaan terang
Pencahayaan ruang juga penting dalam belajar. Pasanglah lampu ruang yang terang, lantaran kondisi yang terang akan membantu kamu menjaga konsentrasi kala belajar. Jika perlu sediakan lampu baca di meja yang bisa diarahkan ke halaman buku atau layar komputer.

Pasang hiasan di ruangan
Jika perlu, pasanglah hiasan-hiasan yang bisa membuat kamu kembali bersemangat belajar. Bisa berupa poster, gambar, karya seni, atau hiasan lainnya. Hiasan ini bisa kamu buat sendiri atau beli secara online.

Matikan perangkat elektronik
Sebaiknya, ruang belajar jauh dari televisi dan alat elektronik lainnya, karena bisa mengganggu konsentrasi saat belajar. Kamu juga mesti membuat jadwal belajar yang diketahui oleh semua penghuni rumah, agar mereka pun ikut mendukung proses belajar di rumah. Jika perlu buatlah kesepakatan bersama terkait jam belajar di rumah.

So, itulah beberapa tips agar kamu tak bosan belajar di rumah. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*