Uni Eropa Akan Tingkatkan Pendanaan untuk Program Beasiswa SHARE dan Erasmus Plus

Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans (kanan) saat peluncuran EU-ASEAN Blue Book 2020, Jumat, 8 Mei 2020
Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans (kanan) saat peluncuran EU-ASEAN Blue Book 2020, Jumat, 8 Mei 2020 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peluncuran Blue Book 2020 Uni Eropa tahun ini dilakukan secara daring pada 8 Mei oleh Duta Besar EU untuk ASEAN, Igor Driesmans.

EU-ASEAN Blue Book 2020 merupakan buku publikasi tahunan berisi pencapaian kerjasama Uni Eropa dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada banyak sektor, termasuk di dalamnya kerja sama ddi sektor pendidikan, ilmu pengetahuan dan riset.

Selain melalui Beasiswa Erasmus+, program kerjasama di sektor pendidikan lainnya ialah SHARE (European Union Support to Higher Education in ASEAN Region).

BACA JUGA:

Sayangnya, kebijakan dan alokasi beasiswa untuk SHARE dan Beasiswa Erasmus+ mengalami sedikit perubahan akibat pandemi.

Meski begitu, sejauh ini pencapaian SHARE dan Beasiswa Erasmus+ dianggapnya sukses. Oleh sebab itu, ia menandaskan ingin meningkatkan kerja sama untuk sektor pendidikan.

“Kami sangat senang. Kami akan meningkatkan program ini dan memastikan orang-orang mendapat manfaat dari SHARE dan dari Erasmus+ di masa mendatang,” ujar Igor.

Untuk meningkatkan kerjasama tersebut, Uni Eropa dalam diskusi rancangan anggaran 7 tahunnya memasukkan anggaran untuk kerja sama di sektor pendidikan.

“Usulan itu untuk meningkatkan dana ke Erasmus + karena kami menyadari betapa penting hal itu bagi pelajar, tetapi juga dalam jangka panjang bagi masyarakat kami,” tandasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*