Nyoman Darta: Kemiskinan Bukan Penghalang untuk Sukses

Pelataran Desa Panglipuran
Pelataran Desa Panglipuran di Bali (KalderaNews/Natalia S.)
Sharing for Empowerment

DENPASAR, KalderaNews.com – Nyoman Darta, Kepala Sekolah di SMAN 1 Bali Mandara, Bali mengakui mayoritas murid di SMAN 1 Bali Mandara berasal dari keluarga miskin, bahkan ada yang terindikasi kurang gizi.

Namun ia percaya bahwa semua anak mempunyai potensi yang unik tanpa mempermasalahkan latar belakang ekonominya. Pria yang menjadi kepala sekolah di sekolah tersebut sejak 2011 itu, rutin mendampingi guru-guru untuk terus mengembangkan diri dan saling berbagi praktik baik.

Sejak awal ia juga memotivasi murid-muridnya untuk berani bermimpi, meskipun memiliki berbagai keterbatasan.

BACA JUGA:

“Mereka harus yakin bahwa kemiskinan bukan penghalang untuk sukses. Saya juga menekankan kepada guru-guru supaya pembelajaran didasari oleh ketulusan, keikhlasan, cinta, dan kasih sayang,” tutur Nyoman Darta saat berdiskusi secara daring dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di tengah peluncuran Kebijakan Merdeka Belajar Episode 5: Guru Penggerak.

Usahanya tak sia-sia. Murid-muridnya pun berhasil berkembang dengan baik dan meraih berbagai prestasi di bidang akademik dan non-akademik, baik di dalam maupun luar negeri. Alumni SMAN 1 Bali Mandara banyak yang diterima di perguruan tinggi terbaik di Indonesia bahkan di mancanegara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*