Simak Gaes, Inggris Ingin Jadi Negara Superpower Sains, Alumninya Diistimewakan

Alok Sharma, menteri bisnis Inggris (BBC)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Ketika Amerika Serikat dan China bersitegang menjadi negara adidaya di bidang politik dan ekonomi, Inggris mencanangkan ambisi yang lain. Negara ini ingin menjadi negara superpower di bidang sains.

Sebagai bagian dari rencana itu, investasi besar-besaran akan digelontorkan untuk infrastruktur sains. Alumni universitas dari negara itu juga akan mendapatkan keistimewaan imigrasi untuk menetap lebih lama. Urusan visa studi juga bakal dipermudah.

Rencana besar ini diumumkan oleh Menteri Bisnis Inggris, Alok Sharma, pada 1 Juli lalu, setelah sehari sebelumnya, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mencanangkan garis besarnya dalam sebuah pidato resmi.

BACA JUGA:

Dalam road map menuju negara superpower sains yang diumumkan Alok Sharma, antara lain disebutkan tentang rencana investasi 300 juta poundsterling (Rp5,4 triliun) dalam insfrastruktur sains. Selanjutnya, diumumkan pula kebijakan untuk memperpanjang visa kerja pascapenelitian untuk lulusan Ph.D, dan rencana mendirikan Kantor Pencarian Bakat (Office for Talent) untuk menarik para peneliti internasional terkemuka datang ke Inggris.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*