Psikolog Stella Maris School: Usia Ideal Anak Gunakan Gadget di Atas 3 Tahun

Psikolog anak dan remaja Stella Maris School, Ivana Prafitasari, M.Psi
Psikolog Anak dan Remaja dari Stella Maris School, Ivana Prafitasari, M.Psi (KalderaNews/IG @ivanaprafitasari)
Sharing for Empowerment

TANGERANG, KalderaNews.com – Saat ini adalah masa dimana anak-anak boleh memakai gadget. Sekarang anak justru diharuskan memakai gadget karena online learning. Dulu dikatakan bahaya, tetapi sekarang diharuskan sekolah karena online learning tersebut. Lantas berapa usia ideal anak boleh menggunakan gadget?

Psikolog Anak dan Remaja dari Stella Maris School, Ivana Prafitasari, M.Psi menegaskan usia ideal anak boleh menggunakan gadget yaitu di atas 3 tahun.

Ia menegaskan usia anak di bawah 3 tahun adalah masa-masa kritis karena jaringan otak (syarafnya) lagi berkembang. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak memberikan gadget pada anak usia di bawah 3 tahun.

BACA JUGA:

“Ketika anak diberikan gadget, sensenya tidak terlatih karena hanya menonton,” tandasnya di acara Consulting Corner Stella Maris School bertajuk “Gadget Yes, Kecanduan No, Simak Plus Minusnya” pada Jumat, 17 Juli 2020.

Alumnus Universitas Tarumanagara (Untar) ini menjelaskan ada banyak sense yang perlu distimulasi untuk anak di bawah 3 tahun, mulai dari touch, ego, thought, word, taste hingga listening.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*