Masih Belajar di Rumah? Yuk Ikuti 5 Tip Ini Agar Tetap Produktif

Belajar di rumah dengan tetap produktif. (KalderaNews/Ist.)
Belajar di rumah dengan tetap produktif. (KalderaNews/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Era New Normal memang telah berlaku. Banyak sektor yang telah memberlakukan kembali untuk bekerja di kantor. Namun, tidak demikian untuk sektor pendidikan, penerapannya masih dilakukan dari rumah masing-masing pendidik dan siswa atau mahasiswa.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan jarak jauh atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) tentu menjemukan bagi peserta didik. Alih-alih semakin berprestasi, siswa kadang terjebak dalam suasana santai di rumah.

Pengamat pendidikan, Dr. Christian Fredy Naa dalam sebuah webminar menyampaikan 5 tip agar tetap produktif belajar di rumah. Yuk simak!

BACA JUGA:

1. Fokus

Siswa harus paham bahwa tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Fokus belajar menjadi penting dengan mengalihkan hal-hal yang dapat memecahkan konsentrasi seperti gadget, handphone, game, atau aplikasi tertentu.

2. Atur Jadwal

Ketika belajar di rumah, tidak ada bel sekolah yang mengingatkan untuk segera masuk kelas. Siswa harus mengatur diri untuk masuk kelas dan belajar secara mandiri. Agar lebih teratur, siswa perlu membuat jadwal untuk ikut pembelajaran dari sekolah, belajar mandiri, istirahat, bermain game, dll.

3. Briefing

Keluarga dengan banyak anggota memiliki kegiatan dan kepentingan yang berbeda-beda. Membicarakan kegiatan-kegiatan penting yang akan dilakukan oleh setiap anggota keluarga perlu dibicarakan terlebih dahulu. Hal ini terutama terkait penggunaan fasilitas atau ruang tertentu, jika tidak dibicarakan dapat menimbulkan konflik.

4. Atur ruang belajar

Belajar akan berjalan dengan kondusif jika dilakukan di ruang belajar, bukan kamar tidur, ruang keluarga, atau ruang lainnya. Jika tidak memiliki ruangan khusus untuk belajar, siswa dapat menggunakan ruangan lain yang dikondisikan untuk tempat belajar.

5. Menjaga keteraturan

Membiasakan diri agar tetap teratur dapat membuat suasana belajar menjadi nyaman dan produktif. Misalnya, penempatan peralatan belajar dalam tempat yang tepat dapat membantu agar proses belajar lebih efektif. (AC)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*