Hai Calon Mahasiswa, Inilah 9 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Masuk Kuliah

Ilustrasi: 8 kebiasaan mahasiswa luar negeri yang bisa ditiru. (KalderaNews.com/Ist.)
Mahasiswa di luar negeri (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Suasana belajar di perguruan tinggi tentu beda tatkala kamu masih duduk di bangku SMA. Kuliah itu mengasyikkan, asalkan kamu tahu caranya.

BACA JUGA:

Nah, bagi kamu yang telah mendapatkan kampus baru, dan sedang bersiap melaju ke bangku kuliah, inilah 9 hal yang wajib kamu tahu dan lakukan sebelum memasuki dunia kuliah. Yuk simak!

Cari tempat yang nyaman
Jika kampus kamu ada di luar kota kamu tinggal, sebaiknya kamu segera mencari kos-kosan atau tempat tinggal selama kamu kuliah nanti. Carilah tempat yang nyaman, dalam arti suasananya mendukung kamu untuk belajar. Jika mungkin carilah yang dekat dengan kampus, sehingga memudahkan aktivitas kuliah kamu. Pun lebih hemat karena tak perlu keluar banyak ongkos transportasi.

Tapi, jika kampus kamu ada di dalam kota, artinya kamu tinggal bersama keluarga, maka kamu mesti segera membereskan isi kamar kamu. Bersihkan, rapikan, dan tata kamar kamu, agar lebih nyaman untuk belajar.

Belajar membuat catatan
Mencatat itu salah satu kunci sukses dalam menjalani kuliah. Jika kamu memiliki catatan yang lengkap di setiap mata kuliah, kamu tak akan repot dalam belajar. Maka, mulailah belajar membuat catatan. Ada banyak cara efektif untuk mencatat, seperti metode garis besar, metode Cornell, metode peta pikiran, metode aliran, atau metode tulis slide. Selain itu, media untuk mencatatnya juga tak harus memakai buku dan alat tulis, bisa juga membuat catatan secara digital yang tentu akan lebih memudahkan kamu untuk mengakses catatan tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*