Cara Esensial Biasakan Siswa Pakai Masker

Ilustrasi anak selalu pakai masker di sekolah. Meskipun jumlah pembelajaran masih sedikit, sekolah harus terus mengingatkan siswa pentingnya pakai masker (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi anak selalu pakai masker di sekolah. Meskipun jumlah pembelajaran masih sedikit, sekolah harus terus mengingatkan siswa pentingnya pakai masker (KalderaNews/Ist).

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 belum usai. Meskipun sekolah di zona kuning dan hijau diperbolehan untuk tatap muka, akan tetapi jumlahnya masih sangat sedikit. Sekolah yang buka mewajibkan siswa untuk pakai masker. Meskipun begitu, terkadang pihak sekolah masih gagap untuk membuat siswa betah dan terbiasa dengan masker.

Pendidikan mengenai masker wajib diperhatikan oleh para tenaga pendidik. Ciptakan ruang aman di tengah kerentanan dan kekhawatiran. Beberapa strategi dapat diterapkan agar siswa terbiasa selalu pakai masker dan tidak lepas pasang.

Tekankan Rutinitas Baru

Guru merupakan panutan bagi muridnya. Jika guru patuh memakai masker, maka siswa akan mengikutinya. Guru harus punya tujuan untuk menciptakan suasana kelas yang aman untuk mengurangi rasa cemas mereka. Pastikan kepada siswa bahwa masker dapat meminimalisir risiko daripada tidak pakai sama sekali. Tekankan pula cara penggunaan masker yang baik dan benar yaitu tidak asal lepas pakai.

BACA JUGA:

Edarkan Surat Protokol Kesehatan yang Tidak Alakadarnya

Sekolah harus membangun hubungan baik dengan orang tua dan wali murid. Surat untuk orang tua yang berisi uraian prosedur dan penjelasan dapat mengurangi kecemasan mereka ketika mengirimkan anak ke sekolah.

Berikan Pertanyaan Rutin Setiap Pagi

Pandemi Covid-19 menantang semua orang untuk tidak lupa rutinitas baik. Masker sudah menjadi bagian dari hidup saat ini. Supaya siswa tidak lupa, berikan pertanyaan saat minggu pertama dan kedua sekolah mengenai fungsi masker. Guru dapat bertanya bagaimana masker melindungi diri atau mengajak siswa kolaborasi buat masker sendiri.

Menetapkan Tema Masker Setiap Minggu

Layaknya seragam, seharusnya masker ada jadwal tema. Beri tema setiap minggu agar siswa rutin mengganti masker. Sekolah menetapkan tema masker setiap minggunya, seperti berdasarkan warna favorit, binatang favorit, tema musik, tema hobi, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika sekolah memiliki dana untuk penyeragaman masker.

Latihan Baca Emosi Melalui Mata

Jangan menyuruh siswa untuk lepas masker saat berbicara. Masker memaksa guru untuk dapat membaca emosi siswa dari mata. Guru dapat meluangkan beberapa menit sehari untuk mempraktikkan ini. Mintalah seorang siswa untuk memikirkan suatu perasaan dan coba ungkapkan dari wajah yang ditutup masker. Mintalah kelas untuk menebak emosi atau perasaan tersebut dari matanya atau bahasa tubuh.

Ajari siswa untuk terbiasa memakai masker demi meminimalisir risiko. Tanamkan kebiasaan bahwa masker merupakan properti utama untuk terhindar dari virus yang dibawa dari luar rumah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*