COVID-19 Diprediksi Bikin Ranking Universitas di Negara Maju Jatuh, Untungkan Asia

Ilustrasi: mahasiswa internasional di Seoul National University (SNU)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — COVID-19 diprediksi akan membuat ranking universitas di negara-negara maju, terutama Barat, merosot. Sementara universitas di negara-negara Asia, seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura dan Malaysia diperkirakan akan meningkat.

Pendapat ini dikemukakan Richard Holmes, Editor The University Ranking Watch, sebuah blog yang mencermati pemeringkatan universitas di seluruh dunia.

Meskipun demikian, Holmes menggarisbawahi bahwa perubahan itu tidak akan terjadi serta-merta namun memerlukan waktu beberapa tahun. Prediksi itu juga ia lakukan dengan asumsi tidak ada perubahan metode pemeringkatan oleh lembaga-lembaga yang melakukannya.

Keadaan Sudah Berbeda

Holmes yang menuliskan pendapatnya di University World News, 25 Juli lalu, menggambarkan dunia pendidikan tinggi di negara-negara maju sudah berbeda di tengah dan pasca pandemi COVID-19. Paruh pertama tahun 2020 merupakan situasi yang sangat dramatis bagi mereka.

BACA JUGA:

Pandemi COVID-19 telah membuat universitas-universitas di seluruh dunia menutup kegiatan perkuliahan tatap muka dan dampaknya akan berlanjut pada tahun-tahun mendatang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*