Hai Calon Mahasiswa, Inilah 9 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Masuk Kuliah

Ilustrasi: 8 kebiasaan mahasiswa luar negeri yang bisa ditiru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: 8 kebiasaan mahasiswa luar negeri yang bisa ditiru. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Suasana belajar di perguruan tinggi tentu beda tatkala kamu masih duduk di bangku SMA. Kuliah itu mengasyikkan, asalkan kamu tahu caranya.

BACA JUGA:

Nah, bagi kamu yang telah mendapatkan kampus baru, dan sedang bersiap melaju ke bangku kuliah, inilah 9 hal yang wajib kamu tahu dan lakukan sebelum memasuki dunia kuliah. Yuk simak!

Cari tempat yang nyaman
Jika kampus kamu ada di luar kota kamu tinggal, sebaiknya kamu segera mencari kos-kosan atau tempat tinggal selama kamu kuliah nanti. Carilah tempat yang nyaman, dalam arti suasananya mendukung kamu untuk belajar. Jika mungkin carilah yang dekat dengan kampus, sehingga memudahkan aktivitas kuliah kamu. Pun lebih hemat karena tak perlu keluar banyak ongkos transportasi.

Tapi, jika kampus kamu ada di dalam kota, artinya kamu tinggal bersama keluarga, maka kamu mesti segera membereskan isi kamar kamu. Bersihkan, rapikan, dan tata kamar kamu, agar lebih nyaman untuk belajar.

Belajar membuat catatan
Mencatat itu salah satu kunci sukses dalam menjalani kuliah. Jika kamu memiliki catatan yang lengkap di setiap mata kuliah, kamu tak akan repot dalam belajar. Maka, mulailah belajar membuat catatan. Ada banyak cara efektif untuk mencatat, seperti metode garis besar, metode Cornell, metode peta pikiran, metode aliran, atau metode tulis slide. Selain itu, media untuk mencatatnya juga tak harus memakai buku dan alat tulis, bisa juga membuat catatan secara digital yang tentu akan lebih memudahkan kamu untuk mengakses catatan tersebut.

Disiplin waktu
Nah, yang satu ini juga menjadi kunci sukses kuliah. Tetapi, godaan malas masuk kuliah kadang sangat sulit ditolak. Pasalnya, mata kuliah yang tidak terlalu padat di semester awal membuat banyak waktu luang. Ingat ya, jangan sampai kamu membuat kekeliruan di awal semester kuliah dengan mengabaikan waktu belajar. So, untuk itu kamu mesti mulai belajar untuk disiplin dalam mengatur waktu belajar.

Bertanggung jawab
Tanggung jawab di masa kuliah seratus persen berada di tangan kamu sendiri. Contoh sederhana, hadir di dalam kelas saat kuliah atau tidak membolos kuliah. Inilah salah satu bentuk tanggung jawab kamu. Selain itu, kamu juga mesti belajar bertanggung jawab atas banyak hal selama kamu kuliah, apalagi jika kamu tinggal sendiri alias jadi anak kos.

Biasakan membaca
Mahasiswa itu mesti banyak membaca buku. Tapi jangan hanya membaca judulnya ya, Gaes! Biasanya, sebelum memberikan tugas, dosen akan meminta mahasiswa untuk membaca beberapa literatur. Nah, jika kamu sudah terbiasa membaca buku, pasti tidak akan kesulitan menghadapi tantangan ini.

Menjadi relawan
Jika di kampus kamu ada program menjadi relawan dan layanan masyarakat sebaiknya kamu ikuti. Menjadi relawan akan memberikan nilai tambah bila kamu ingin melamar beasiswa. Selain itu, pengalaman ini juga akan memberi kamu keterampilan sosial, yang tentu akan sangat membantu karier kamu di masa mendatang.

Belajar menulis esai
Menjadi mahasiswa juga berarti harus bisa menulis esai. Maka, mulailah belajar menulis esai dengan argumentasi-argumentasi yang logis dan ilmiah. Ini akan sangat membantu kamu saat ada tugas dari dosen, dan terutama saat kamu mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Aktif berorganisasi
Berorganisasi akan sangat mengembangkan soft skill kamu. Maka, terlibatlah dalam organisasi mahasiswa, baik yang ada di dalam maupun luar kampus. Pengalaman berorganisasi ini kelak pasti akan sangat bermanfaat. Namun, yang perlu diingat adalah lakukan aktivitas organisasi di luar jam-jam kuliah. Karena tujuan utama dan pertama kamu adalah kuliah.

Berdiskusi
Terakhir yang mesti kamu pelajari adalah berdiskusi. Mahasiswa identik dengan diskusi ilmiah. Diskusi akan mengasah cara berpikir serta belajar mengungkapkan pendapat secara lisan di depan banyak orang. Nah, biasanya dosen juga akan memberikan tugas untuk mempresentasikan sesuatu hal di depan kelas. Jika kamu sudah terbiasa berdiskusi tantangan ini pasti dengan mudah kamu lewati.

So, itulah 9 hal yang wajib kamu persiapkan sebelum memasuki gerbang masa kuliah. Selamat mencoba!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*