Paus Fransiskus Terbitkan Buku Pedoman Hidup Sesudah Pandemi COVID-19

Life After The Pandemic, buku terbaru karya Paus Fransiskus (Amazon)

JAKARTA, KalderaNews.com — Vatikan baru saja menerbitkan sebuah buku karya Paus Fransiskus yang dimaksudkan sebagai panduan bagi umat menjalani hidup merespons Pandemi COVID-19.

Buku berjudul Life After The Pandemic itu berisi delapan khotbah dan pesan tertulis Paus Fransiskus yang disampaikan dari 27 Maret hingga 22 April 2020.

“Buku ini merespons dua tujuan,” tulis Kardinal Michael Czerny, yang memberi kata pengantar pada buku tersebut.

“Pertama, menyediakan arah, kunci, dan panduan untuk membangun kembali dunia yang lebih baik yang mungkin akan lahir dari krisis kemanusiaan ini. Kedua, untuk menumbuhkan harapan.”

BACA JUGA:

Menurut Czerny, buku ini sekaligus juga untuk menunjukkan bahwa Paus tidak diam dan bukan tidak terlihat ketika seluruh dunia ‘dikuasai’ oleh virus corona yang diam dan tak terlihat.

Czerny mengatakan lewat berbagai saluran, Paus Fransiskus kerap menyampaikan refleksinya tentang pandemi ini.

Di antara isi buku ini adalah pesan yang disampaikan kepada banyak orang yang pada umumnya diam dan tidak kelihatan. Pada hari Minggu Paskah lalu, Paus Fransiskus mengarahkan pikirannya kepada orang-orang yang terlibat dalam “Gerakan Popular”, di level akar rumput yang berada di “pinggiran kemanusiaan.”

Bagi Paus, mereka adalah “para penyair sosial, karena dari wilayah pinggiran dimana Anda berada, Anda menciptakan solusi yang mengagumkan atas persoalan penindasan yang menimpa kaum yang terpinggirkan.”

Buku setebal 72 halaman ini ditulis oleh Paus Fransiskus bersama Mario Bergoglio dan diterbitkan oleh Libreria Editrice Vaticana pada 10 Juni 2020 lalu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*