Unika Atma Jaya Luncurkan AtmaBot Untuk Melayani Pasien Covid-19

Rektor Unika Atma Jaya, Dr.A.Prasetyantoko bersama Direktur RS Atma Jaya dr.Shennny Nurmala, MM dan tim Fakultas Teknik UAJ saat peluncuran robot yang diberi nama AtmaBot
Rektor Unika Atma Jaya, Dr.A.Prasetyantoko bersama Direktur RS Atma Jaya dr.Shennny Nurmala, MM dan tim Fakultas Teknik UAJ saat peluncuran robot yang diberi nama AtmaBot (KalderaNews/Dok. Humas Atma Jaya)
Sharing for Empowerment

Fakultas Teknik Unika Atma Jaya Jakarta menciptakan AtmaBot, robot yang bertugas sebagai media komunikasi dan mengantarkan makanan, minuman, obat kepada pasien covid-19 di kamar isolasi. Tujuan pembuatan robot ini untuk meringankan beban tenaga medis dalam menangani pasien covid-19 khususnya untuk ruang isolasi di RS Atma Jaya, agar meminimalisir kontak langsung tenaga medis dan tenaga kesehatan dengan pasien.

JAKARTA, KalderaNews.com – Jumlah kasus positif virus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Dari data worldometer, jumlah kasus di Indonesia menempati urutan 23 dunia, dan telah mencapai lebih dari 110.000 orang. Jumlah kematian tercatat 5300 orang, sekitar 4,7% dari kasus positif. Data dari Pengurus Besar IDI menyebutkan hingga awal Agustus 2020 sudah ada 72 dokter yang meninggal karena Covid-19. Selain dokter juga terdapat cukup banyak dokter gigi dan perawat yang gugur akibat terinfeksi Covid-19 yang tertular dari pasien.

Melihat kejadian ini, , Ikatan Alumni Fakultas Teknik Unika Atma Jaya (Aku Teknik) serta Rumah Sakit Atma Jaya merancang sebuah robot pelayan untuk mengurangi kontak fisik secara langsung antara pasien Covid-19 dengan tim medis. Robot tersebut diberi nama AtmaBot.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*