Untuk Pertama Kalinya Universitas Yarsi Jadi Pusat Uji Kompetisi Profesi Dokter Gigi




Panitia lokal dan pengawas pusat UKMP2DG bersama seluruh peserta ujian setelah waktu ujian selesai dilaksanakan
Panitia lokal dan pengawas pusat UKMP2DG bersama seluruh peserta ujian setelah waktu ujian selesai dilaksanakan (KalderaNews/Dok. Universitas Yarsi)

JAKARTA, KalderaNews.com – Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Periode II (dua) di Masa Pandemi Covid-19 untuk pertama kalinya dilakukan di Universitas Yarsi (UY) pada Agustus 2020.

Ujian calon dokter gigi kali ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari 13 peserta dari Universitas Yarsi, 10 peserta dari Universitas Trisakti, 12 peserta dari Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan 5 peserta dari Universitas Padjadjaran. Mereka mengikuti ujian sesuai protokol pencegahan Covid-19 dari panitia nasional maupun UY sendiri.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Profesi Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UY sekaligus Ketua Panitia Lokal UKMP2DG, Djuned Prasonto, drg., Sp.KGA. (drg. Djuned) mengatakan bahwa terkait pandemi Covid-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah, serta sesuai dengan kesepakatan AFDOKGI, PDGI-KDGI, dan PN-UKMP2DG maka beberapa hal terkait UKMP2DG Periode II Tahun 2020 ini dilaksanakan dalam bentuk uji teori secara nasional saja.

BACA JUGA:

“Alhamdulillah akhirnya kita diberikan kepercayaan dan ditunjuk secara resmi dari Panitia Nasional UKMP2DG sebagai center pelaksanaan UKMP2DG yang sebenarnya sudah kita inginkan sejak lama,” ucap drg. Djuned.

Selama ini Universitas YARSI baru ditunjuk sebagai center dan melaksanakan ujian calon dokter yang dinamakan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini, namun bagi Civitas Akademika FKG-UY yang berdiri pada tahun 2012, kepercayaan dan penunjukan secara resmi UY sebagai center UKMP2DG adalah baru pertama kalinya dan merupakan suatu kehormatan serta tanggung jawab yang besar.

Kegiatan pelaksanaan ini juga langsung disupervisi oleh Dekan FKG-UY, Prof. Dr. Bambang S.Trenggono, M.Biomed yang mengaku puas dengan persiapan serta kinerja panitia lokal (UY) pada pelaksanaan ujian UKMP2DG ini.

Ia mengakui kekompakan dan dedikasi yang tinggi akhirnya menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan.

“Ucapan terima kasih atas peran serta dan bantuan dari berbagai pihak mulai dari yayasan, rektorat hingga panitia lokal yang terlibat pada pelaksanaan UKMP2DG Periode II Th. 2020 mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaannya,” tandasProf. Bambang.

Hal senada diungkapkan Wakil Rektor I UY, dr. Miranti Pusparini, M.Pd (Ked) yang lantas mengapresiasi pelaksanaan UKMP2DG yang baru pertama kalinya ini namun berjalan dengan lancar dan sukses.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*