Ternyata, Begini Cara Menulis Esai untuk Syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020

Cara menulis esai untuk syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020. (Ist.)
Cara menulis esai untuk syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menulis esai jadi syarat pendaftaran Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2020. Pendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud program sarjana wajib menyertakan esai dengan topik “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”.

BACA JUGA:

Esai tersebut menggunakan bahasa Indonesia sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, dengan spasi 1.5 line. Esai adalah tulisan opini dari penulis tentang subjek tertentu, yang membentuk sekumpulan ide yang saling berkaitan menjadi argumen. Esai pada dasarnya disusun secara rapi agar masuk akal serta bisa dipahami.

Tahapan pertama membuat esai adalah dengan membuat draf atau kerangka tulisan. Draf ini berisi catatan argumen yang ingin disampaikan dan data pendukung guna mendukung argumen.

Setelah membuat draf, cobalah susun naskah esai sesuai dengan draf yang telah kamu buat dengan tahap sebagai berikut:

Pendahuluan
Pendahuluan memiliki struktur dari umum menjadi khusus. Bukalah paragraf pertama dengan pengenalan topik secara umum serta permasalahan yang akan dihadapi. Tulislah secara umum ide yang akan kamu sampaikan.

Badan esai
Esai ditulis dari sekumpulan paragraf. Tiap paragraf memiliki satu pokok pikiran yang menjadi argumen. Setelah membuat kalimat yang mengemukakan pokok pikiran, maka perkuat pokok pikiran tersebut dengan penjelasan. Berilah contoh atau data untuk menopang argumen tersebut. Contoh atau data tersebut bias berupa studi kasus, statistik, bukti dokumenter, buku akademik, atau artikel jurnal.

Kesimpulan
Di akhir naskah, tulislah paragraf sebagai kesimpulan. Saat menulis kesimpulan, pastikan semua gagasan dapat terangkum dengan baik. Kesimpulan baiknya menggunakan struktur dari khusus ke umum. Dalam kesimpulan itu, tulislah permasalahan, rangkum kata kunci dan ringkaslah argumen yang menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Kesimpulan juga bisa berisi tentang pertanyaan yang dapat menjadi topik untuk esai berikut, prediksi tentang yang akan terjadi, serta rekomendasi penyelesaian terhadap fenomena yang sedang diteliti.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*