Kenapa “Wkwkwk” Jadi Simbol Tertawa Online? Ternyata Begini Sejarahnya

Ilustrasi; Begini sejarah munculnya simbol "Wkwkwk". (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi; Begini sejarah munculnya simbol "Wkwkwk". (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pasti sering menggunakan simbol “wkwkwk” untuk mengekspresikan tertawa secara online. Biasanya kamu pakai saat sedang chatting atau berbalas komentar di media sosial.

Tapi, tahukah kamu sejarah dari “wkwkwk”?

Memang ada beberapa versi yang menjelaskan awal mula kemunculan “wkwkwk”. Yang pertama datang dari penjelasan Dio Wijayanto Nugroho di situs Quora.

BACA JUGA:

Dio menjelaskan bahwa sekitar tahun 2003-2004, “hahaha” untuk ekspresi di kalangan para gamer masih terlalu formal. Maka, di komunitas gamer muncul ekspresi tertawa seperti “bwahaha”, “huehuehue”, dan “huahuahua”.

Seiring waktu, “huehuehue” masih terlalu formal, maka dibuat sederhana menjadi “hwhwhw”. Ini seperti perubahan “gua” menjadi “gw”.

Sekali lagi untuk alasan praktis, mengetik huruf “h” di keyboard komputer terlalu jauh dari jari tangan tangan, maka “h” diganti dengan “k”. Dan, lahirlah “wkwkwk”.

Sumber kedua menyebutkan bahwa “wkwkwk” adalah kependekan dari “gue tertawa”. “Gue” diwakili huruf “w”, sementara ketawa disimbolkan dengan huruf “k”.




1 Comment

  1. Wkwkwk asalnya dari orang Sunda dia ketawa ngejek temennya sambil ngikutin bebek jari di ketiak ketawanya wekwekwekwek tulisannya di rubah jadi wkwkwkkwkwkwkw. Itulah uniknya orang Sunda. Jadi sejarahnya gak panjang lebar bukan dari game online hadeuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*