Pariwisata dan Investasi Paling Terpukul, Dr. A. Prasetyantoko: Dibutuhkan Transformasi

PTS Harus Tembus Peringkat 500 Besar Dunia
Universitas Katolik Atma Jaya (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ekonom dan Rektor Unika Atma Jaya Jakarta Dr. A. Prasetyantoko menyebut krisis yang terjadi karena pandemi saat ini merupakan jenis krisis yang tidak pernah terjadi sebelumnya, dimana sektor pariwisata dan investasi jauh lebih terpukul dibanding dengan sektor manufaktur. 

Menurutnya, meski nanti kondisi akan kembali relatif normal pun, pemulihan pasca krisis diprediksi tidak serta merta akan mengembalikan bisnis pariwisata pada kondisi sebelum Covid-19.

Prasetyantoko mengakui pemerintah sudah melakukan beragam usaha melalui berbagai kebijakan untuk mengembalikan sektor pariwisata ini, meski memang tidak banyak pilihan yang tersedia. Maka menurutnya sektor pariwisata perlu melakukan transformasi agar dapat bertahan hingga pasca pandemi nanti.

BACA JUGA:

“Ini suatu kenyataan yang sulit untuk dikelola oleh siapa pun. Tetapi kesempatan untuk melakukan transformasi itu justru sekarang ini. Kalau dalam situasi yang tenang tidak terjadi apa-apa, transformasi itu mungkin dianggap mahal. Kalau hari ini, sebuah keharusan untuk kita melakukan banyak sekali perubahan,” ujarnya sepeti dikutip situs resmi Atma Jaya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*