14 Pelopor dan Tokoh Penting Sumpah Pemuda 1928

Peserta Kongres Pemuda Kedua 1928 sedang berfoto bersama di halaman Gedung Kramat Raya 106
Peserta Kongres Pemuda Kedua 1928 sedang berfoto bersama di halaman Gedung Kramat Raya 106 (Foto: Dok. Kongres Pemuda Kedua)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com ā€“ 28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda. Di hari istimewa ini, Indonesia memperingati tekad persatuan para pemuda dan pemudi dari berbagai penjuru Tanah Air.

Ditilik dari perspektif historis, awalnya pergerakan para pemuda dan pemudi ini ada di daerah-daerah melalui organisasi yang bersifat kedaerahan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pada saat itu sebenarnya konflik yang terjadi dengan penjajah bersifat lokal atau kedaerahan dan bukan secara nasional.

Pada 1915-1924 berdiri organisasi lokal misal Tri Koro Darmo yang kemudian menjadi Jong Java pada 1915, Jong Soematranen Bond pada 1917, dan Jong Islamieten Bond pada 1924.

BACA JUGA:

Menariknya pada 1926 para pemuda dan pemudi dari berbagai penjuru Tanah Air ini sukses menggelar Kongres Pemuda I dan selanjutnya berdirilah Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI). PPPI ini menjadi organisasi lintas primordial dengan anggotanya dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya pada 1928 Kongres Pemuda II dilaksanakan dalam tiga rapat di gedung berbeda atas prakarsa PPPI. Nah, pada rapat 28 Oktober 1928 lah lahir Sumpah Pemuda yang awalnya diucapkan sebagai Sumpah Setia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*