Bakal Ada Kejutan, Inilah Kandidat yang Diunggulkan Sabet Nobel Perdamaian 2020

Kandidat penerima Nobel Perdamaian 2020 yang diunggulkan khalayak umum
Kandidat penerima Nobel Perdamaian 2020 yang diunggulkan khalayak umum masih ada di 2021 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

OSLO, KalderaNews.com – Hadiah Nobel Perdamaian, puncak dari pekan penghargaan tahunan, akan diumumkan pada Jumat sore ini dengan tiga kandidat yang diunggulkan oleh masyarakat dunia, yakni pengawas kebebasan pers, Greta Thunberg dan Organisasi Kesehatan Dunia. (Baca: Di Luar Banyak Prediksi, World Food Programme Raih Nobel Perdamaian 2020)

Ketua Komite Nobel Norwegia, Berit Reiss-Andersen, akan mengumumkan pemenang Nobel Perdamaian 2020 pada pukul 11:00 (0900 GMT) atau sekitar 18:00 WIB di Institut Nobel di Oslo, dimana pembatasan karena virus Corona diberlakukan untuk mengurangi kerumunan wartawan yang biasanya hadir.

Tahun ini ada 318 nominasi yang dipertimbangkan terdiri atas 211 individu dan 107 organisasi. Tetapi nama-nama dalam daftar itu tetap dirahasiakan selama 50 tahun sehingga membuat prediksi selalu menjadi sulit dan banyak kejutan menarik begitu diumumkan.

BACA JUGA:

“Ada alasan bagus untuk mendapatkan penghargaan di bidang jurnalisme,” kata Sverre Lodgaard, seorang peneliti di Institut Urusan Internasional Norwegia (NUPI). “Agar pengambil keputusan bisa mengintervensi suatu konflik. Mereka harus bisa membangun opini berdasarkan informasi akurat yang diberikan media,” jelasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*