Gokil, Hasil Riset Siswi Madrasah Terbit di Jurnal Internasional

Hasil penelitian Nisrina Akmiyati dan Rizki Munawaroh Damoiko terbit di jurnal internasional ber-indeks Scopus. (KalderaNews.com/Dok.Kemenag)
Hasil penelitian Nisrina Akmiyati dan Rizki Munawaroh Damoiko terbit di jurnal internasional ber-indeks Scopus. (KalderaNews.com/Dok.Kemenag)
Sharing for Empowerment

TANAH LAUT, KalderaNews.com – Hasil penelitian dua siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Nisrina Akmiyati dan Rizki Munawaroh Damoiko terbit di jurnal internasional ber-indeks Scopus, IOP Conference Series: Earth and Enviromental Science, vol 572, 2020.

Naskah penelitian bertajuk “Socio-Economic Analysis of Traditional Diamond Mining Community in Banjarbaru City, South Kalimantan”. Penelitian itu menelusuri pertambangan intan tradisional di Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka.

BACA JUGA:

Nisrina berkisah, riset ini diawali dari rasa ingin tahu tentang pengelolaan tambang tradisional di daerahnya yang melegenda. “Walau masyarakat di sana banyak yang menjadi penambang, tapi kesejahteraan mereka masih jauh dari kata cukup,” ujarnya.

Mula-mula, Nisrina merasa penelitian ini akan mengalami kesulitan. “Pada awalnya saya merasa ini sesuatu yang sulit. Namun, setelah jatuh dalam prosesnya, ternyata meneliti jauh lebih menyenangkan dari apa yang saya bayangkan,” kenangnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*