KSN Virtual SMA/MA 2020 Resmi Dibuka, 898 Peserta Diminta Utamakan Kejujuran




Peserta OSN Biologi 2019 Tingkat SMA di Manado
Peserta OSN Biologi 2019 Tingkat SMA di Manado (KalderaNews/psma.kemdikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kompetisi Sains Nasional (KSN) virtual jenjang Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi pada Senin, 12 Oktober 2020.

Kompetisi Sains Nasional ini akan berlangsung hingga 17 Oktober 2020 dengan 9 bidang yang dilombakan, yaitu: Astronomi 99 peserta, Biologi 100 peserta, Ekonomi 100 peserta, Fisika 100 peserta, Geografi 100 peserta, Informatika Komputer 99 peserta, Kebumian 100 peserta, Kimia 100 peserta, Matematika 100 peserta. Total peserta 9 bidang lomba adalah sebanyak 898 peserta.

BACA JUGA:

“Karena kondisi pandemi belum reda maka seluruh proses kompetisi sains kita adakan secara daring. Covid-19 mendorong kita melaksanakan kompetisi secara virtual, karena butuh pengelolaan intens tentang jaringan, aplikasi, dan adaptasi soal. Ini tantangan yang besar, bahkan pada tingkat internasional sekalipun belum pernah dilakukan,” jelas Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi pada pidato pembukaannya.

Asep mengapresiasi para peserta yang tetap berkomitmen mengikuti KSN dengan integritas dan kejujuran dan meminta peserta tetap semangat dan rileks menjalani rangkaian kompetisi.

“Terima kasih untuk semua orangtua dan anak-anak hebat di seluruh Indonesia yang menjaga kejujuran dan integritas. Medali bukan segalanya, karena jujur itu juara,” ujar Asep.

Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI Syaiful Huda berharap Kemendikbud tetap mengawal transformasi pendidikan Indonesia, agar anak-anak Indonesia siap berkompetisi secara internasional dan siap membangun peradaban masa depan yang terbaik.

KSN SMA Tingkat Provinsi telah dilaksanakan secara daring pada 10 s.d. 14 Agustus 2020, sementara KSN SD Tingkat Provinsi telah selesai pada 5 s.d. 6 Oktober lalu. Dua hari mendatang, KSN SMP Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada 14 s.d. 16 Oktober 2020.

Jenjang SD dan SMP akan menggelar KSN Tingkat Nasinoal pada 31 Oktober s.d. 4 November mendatang, sekaligus menutup seluruh rangkaian KSN semua jenjang.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*