Tip Cepat, Enggak Pakai Lama, Namun Akurat untuk Kerjakan PR

Iustrasi siswa mengerjakan PR. Tidak usah lama-lama, namun efektif dan akurat (KalderaNews/Ist)
Iustrasi siswa mengerjakan PR. Tidak usah lama-lama, namun efektif dan akurat (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar dari rumah setiap hari terasa seperti mengerjakan tugas tiada henti. Adakalanya siswa merasa suntuk hingga akhirnya tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Jika mau, maka akan dikerjakan alakadarnya.

Dilansir dari college info geek, Mantan Presiden Amerika Serikat, Roosevelt memanfaatkan tekanan di waktu sibuknya untuk memperkuat konsentrasi ketika mengerjakan tugas. Semakin sibuk, maka ia semakin cepat mengerjakan PR secara cepat, namun akurat.

Lalu, bagaimana dengan siswa biasa? Kuncinya ialah keteraturan waktu dan tidak bosan dengan rutinitas ketat. Kemudian, apa cara selanjutnya untuk tip kerjakan PR secara cepat, namun hasilnya bagus?

BACA JUGA:

Kerjakan Dari yang Sulit, Baru ke Mudah

Biasanya kamu mengerjakan yang mudah baru ke sulit, padahal hal tersebut malah memperlambat kinerja siswa dalam mengerjakan PR. Pada tahap ini, siswa belajar menyelesaikan masalah yang kompleks terlebih dahulu, lalu ke simpel.

Pindai tugas untuk mengidentifikasi beberapa masalah yang lebih sulit, lalu mulai dari masalah itu. Coba kerjakan terlebih dahulu.

Jika macet mengerjakannya setelah satu atau dua menit, tinggalkan dan beralih ke soal yang lebih mudah. Setelah menyelesaikan beberapa di antaranya, siswa dapat kembali ke masalah yang lebih sulit dan ia akan sering menemukan bahwa ini lebih mudah untuk diselesaikan daripada sebelumnya.

Catat Semua Detail Soal di Kelas

Mungkin sulit bagi siswa untuk mencatat, apalagi selama sekolah daring siswa lebih mengandalkan internet daripada manual. Akan tetapi, jangan meremehkan kekuatan catatan. Dengan hal tersebut, siswa dapat mengulang kembali soal yang telah disampaikan oleh gurunya. Catatan juga menjadi jimat untuk menguasai kisi-kisi ujian.

Ini membantu memfasilitasi pembelajaran setelah kelas. Meskipun siswa tidak tahu persis bagaimana mengerjakan soal, akan tetapi ia selalu dapat mengulang jawaban dari catatan. Jika siswa mengalami kebuntuan, Anda selalu bisa mendapatkan bantuan dari Google, YouTube, atau teman.

Catatan dan bantuan kisi-kisi dari internet membuat siswa tidak hanya mengerjakan PR alakadarnya, tetapi juga paham konsep. Semakin rapi dan menarik suatu catatan, maka akan semakin memengaruhi motivasi mengerjakan tugas.

Itulah tip kerjakan PR yang cepat, enggak pakai lama, namun tetap akurat, sehingga menjadi kesayangan guru. Mengerjakan PR tidak usah terlalu lama, asalkan siswa disiplin waktu dan mengikuti tips tadi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*