10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK

Ilustrasi: Pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan SMK memang dipersiapkan langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Namun, tak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

BACA JUGA:

Nah, berikut 10 jurusan yang cocok untuk para lulusan SMK. Simak ya!

Jurusan Arsitektur

Satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah jurusan Arsitektur. Dengan melanjutkan ke jurusan Arsitektur, kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Untuk masuk di jurusan Arsitektur, kami mesti memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi. Karena di jurusan Arsitektur, kamu akan sering berhubungan dengan pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, pengenalan detail bagian bangunan, hingga pembuatan desain.

Jurusan Teknik Mesin

Bagi kamu siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin, setelah lulus bisa melanjutkan kuliah ke jurusan Teknik Mesin. Di jurusan ini, kamu akan memperdalam pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin.

Setelah lulusan dari jurusan ini, kamu bisa meniti karier di bidang mechanical engineer, designer, teknisi, maupun operator di banyak perusahaan, seperti industri otomotif, dirgantara, manufaktur, dan pertambangan.

Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika juga bisa menjadi pilihan lulusan SMK Teknik Informatika. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Beberapa ilmu, seperti software dan computer science yang sudah kamu dapatkan di SMK, bisa dikembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan belajar secara lebih mendalam mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut.

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi bisa menjadi pilihan bagi kamu lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi. Di jurusan ini, kamu akan belajar mencampur, meracik, membuat obat, serta belajar mengatur dan memasarkan obat. Saat kuliah di Jurusan Farmasi, kamu tak hanya belajar secara teori di kelas, tapi akan dibekali dengan praktikum.

Jurusan Akuntansi

Selain itu, jurusan Akuntansi bisa menjadi pilihan lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, dan pasar modal. Jadi, apa yang kamu pelajari di SMK akan bisa diperdalam di jurusan ini. Setelah dari jurusan Akuntansi, kamu bisa memulai karier sebagai konsultan pajak, ahli keuangan, akuntan, atau pegawai bank.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jika kamu lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kamu bisa melanjutkan kuliah di Jurusan Administrasi Perkantoran. Di jurusan ini, kamu akan memperdalam pengetahuan dan keterampilan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, serta penyediaan segala administrasi perkantoran. Setelah lulus, kamu bisa menjadi seorang sekretaris, staf administrasi, general affairs, atau staf legal di suatu perusahaan.

Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata juga menjadi pilihan para lulusan SMK . Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, serta perhotelan. Prospek lulusan dari jurusan Pariwisata juga masih terbuka lebar, baik di dalam maupun luar negeri.

Jurusan Tata Busana

Nah, bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, bisa melanjutkan kuliah di Jurusan Tata Busana. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion, fotografi untuk fashion, dan menggambar model.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jika kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis, kamu bisa melajutkan kuliah di Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual. Terdapat tiga peminatan yang bisa kamu pilih, yaitu komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, dan komunikasi multimedia.

Jurusan Film dan Televisi

Satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi. Selain belajar teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah diperoleh di SMK, kamu akan dibekali dengan berbagai keahlian, seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*