Ternyata, Inilah 7 Manfaat Gemar Membaca Buku

Ilustrasi: 7 manfaat membaca buku. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: 7 manfaat membaca buku. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Membaca menjadi salah satu keterampilan yang mesti dimiliki seseorang sejak dini, selain menulis dan berhitung. Membaca buku juga diyakini membuah aneka manfaat.

Kini, buku pun hadir tak melulu dalam bentuk cetakan. Ada buku digital atau e-book yang memudahkan kita membacanya melalui gadget.

BACA JUGA:

Nah, berikut ini 7 manfaat membaca buku:

Meningkatkan kemampuan berempati

Sejumlah penelitian menemukan, orang yang gemar membaca buku fiksi sastra memiliki kemampuan yang tinggi untuk berempati dan memahami perasaan orang lain. Para peneliti menyebut, empati menjadi keterampilan penting bagi seseorang untuk membangun dan memelihara hubungan sosial.

Meningkatkan fungsi otak

Kegiatan membaca buku juga ternyata mampu meningkatkan kinerja otak. Para peneliti menyebut, kegiatan membaca buku melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks dalam otak, sehingga jaringan-jaringan dalam otak akan kian kuat.

Menambah kemampuan berbahasa

Buku tentu disusun dengan ribuan kosakata. Dengan membaca buku, tentu kita akan diperkaya dengan ribuan kosakata itu. Alhasil, perbendaharaan kosakata pun semakin meningkat dan mengembangkan kemampuan seseorang dalam berbahasa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*