Jangan Lewatkan, Gerhana Bulan Penumbra (30 November) dan Gerhana Matahari Total (14 Desember)

Gerhana Bulan Penumbra (Foto: BMKG)
Gerhana Bulan Penumbra (Foto: BMKG)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG menyampaikan bahwa pada sisa 2020 ini masih ada 2 fenomena alam yang menarik yakni Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 30 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir dan Gerhana Matahari Total (GMT) 14 Desember 2020 yang dapat tidak diamati dari Indonesia.

Gerhana  Bulan Penumbra 30 November 2020 merupakan anggota ke-58 dari 73 anggota pada seri Saros  116.  Gerhana  bulan  sebelumnya  yang  berasosiasi  dengan  gerhana  ini adalah  Gerhana  Bulan Penumbra  20  November 2002.

Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 11 Desember 2038. Gerhana akan terjadi selama 4 jam 20 menit 59 detik.

BACA JUGA:

Seluruh proses gerhana dapat dilihat di sebagian besar Amerika Utara dan Samudera Pasifik. Proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Australia, sebagian besar Asia bagian Timur, dan sebagian kecil Samudera Hindia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*