3 Tip Menangani Anak dengan ODD, Temui Psikolog dan Harus Sabar!

Ilustrasi anak marah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi anak marah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – ODD atau dikenal dengan Oppositional Defiant Disorder merupakan gangguan perilaku di mana anak-anak menantang sampai pada tingkatan yang mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. DSM-5, diterbitkan oleh American Psychiatric Association, mendefinisikannya sebagai pola perilaku marah, pendendam, argumentatif, dan menantang yang berlangsung setidaknya enam bulan.

Membangkang dan Berdebat


Kebanyakan anak mengalami fase di mana “tidak” adalah kata favorit mereka, tetapi bagi siswa dengan ODD, fase itu tidak pernah berakhir. Mereka mempertanyakan segalanya, sepanjang waktu, dan secara konsisten menolak untuk mematuhi aturan dan permintaan.

Kebutuhan mereka akan argumen dapat membuat mereka dengan sengaja mengganggu orang lain dalam upaya untuk menciptakan konflik. Namun, mereka biasanya menolak untuk bertanggung jawab atas kesalahan atau perilaku mereka, menyalahkan orang lain atas segalanya.

BACA JUGA:

Marah dan Mudah Tersinggung


Mereka adalah anak-anak yang tampak marah sepanjang waktu dan lepas kendali jika ada provokasi kecil. Reaksi mereka yang berlebihan dapat berubah menjadi amarah, tidak hanya sesekali, tetapi sering. Oleh karena itu, setiap percakapan yang Anda lakukan dengan mereka sepertinya merupakan perjuangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*