Webinar UNAS: Strategi Politik Luar Negeri Pengaruhi UU Cipta Kerja

Universitas Nasional Jakarta (KalderaNews/Dok. UNAS)
Universitas Nasional Jakarta (KalderaNews/Dok. UNAS)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Nasional mengadakan webinar untuk bertukar pikiran mengenai dampak UU Cipta Kerja dari segi hubungan internasional. Sejumlah pihak menilai bahwa UU Cipta Kerja ini akan membawa pengaruh bagi banyak hal, salah satunya ialah pengaruh politik global.

Pengamat politik, Drs. Andi Alfian Mallarangeng, M.Sc., Ph.D menyampaikan bahwa Omnibus Law Cipta Kerja menimbulkan polemik di masyarakat. Pemerintah mengklaim UU tesebut akan menciptakan lapangan kerja, mendatangkan investor, serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, UU tersebut memiliki potensi besar untuk menormalisasi eksploitasi.

“Di sisi lain, para kritikus berpendapat UU tersebut adalah bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengekstraksi sumber daya alam Indonesia dalam skala besar, yang menguntungkan segelintir elit politik,” tuturnya dalam melalui webinar yang diadakan pada Kamis, 10 Desember 2020.

BACA JUGA:

Andi menuturkan, pemerintah harus lebih fokus dalam mengurus permasalahan yang timbul di samping UU Cipta Kerja, seperti kesehatan dan resesi ekonomi. Jika tidak ditangani, maka berpotensi menimbulkan demo yang lebih besar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*