20 Desember, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Begini Sejarahnya

Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2020. (KalderaNews.com/Dok.Kemensos)
Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2020. (KalderaNews.com/Dok.Kemensos)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com ā€“ Setiap tanggal 20 Desember, kita memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). HKSN bemula dari usaha mempertahankan kemerdekaan pada 1945 hingga 1948.

BACA JUGA:

Kala itu, di Yogyakarta menjadi ibukota Indonesia. beberapa tokoh nasional di Sumatera Barat mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dipimpin Sjafruddin Prawiranegara demi menjaga eksistensi Indonesia di dunia. Setelah Belanda dipaksa mengakui kemerdekaan Indonesia, Sjafruddin menyerahkan kembali mandat pada Presiden Sukarno yang baru saja dipulangkan dari pengasingan.

Akan tetapi, kondisi masyarakat Indonesia kala itu amat memprihatinkan. Kemiskinan merajalela di mana-mana. Pada Juli 1949, Kementerian Sosial menyadari bahwa harus ada pemulihan sosial masyarakat Indonesia.

Kementerian Sosial pun mengadakan penyuluhan sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat dan Kursus Bimbingan Sosial bagi Calon Sosiawan atau Pekerja Sosial. Hal itu dilakukan dengan harapan dapat menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi. Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh di dalam masyarakat itu kemudian dilestarikan dan diperkokoh dengan dibuatnya Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik Sosiawan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*