4 Kriteria Penampilan Ini Tidak Boleh Disepelakan dalam Pergaulan Berorganisasi

Ketua Konsorsium Pengembangan Kepribadian Indonesia di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), Indah Soekotjo
Ketua Konsorsium Pengembangan Kepribadian Indonesia di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), Indah Soekotjo (KalderaNews/Dok.Disdik Jabar)

BANDUNG, KalderaNews.com – Ketua Konsorsium Pengembangan Kepribadian Indonesia di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) sekaligus Putri Pelajar Indonesia tahun 1976, Indah Soekotjo menegaskan memperhatikan penampilan memang sangat penting dalam pergaulan berorganisasi.

Penampilan itu bukan tentang baju, tapi ada empat kriterianya. Kendati penampilan itu bukan tolok ukur akal budi seseorang, tetapi penampilan lebih dulu berbicara sebelum sepatah kata keluar dari bibir.

BACA JUGA:

Apa saja keempat kriteria tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya seperti diutarakan saat menjadi narasumber talkshow bertajuk “Penampilan dan Etika Pergaulan dalam Berorganisasi” yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) secara virtual di Bandung, Selasa 1 Desember 2020 seperti dikutip dari situs resmi Disdik Jabar.

1. Personal Grooming (Penampilan Diri)

Seseorang harus memperhatikan penampilan sedetail mungkin. Penampilan diri meliputi kebersihan, kesehatan, keserasian, dan kerapian.

2. Busana

Cara berbusana menunjukkan rasa hormat kepada orang yang kita temui dan tempat yang kita kunjungi.

3. Komunikasi

Cara komunikasi nonverbal sangat memengaruhi penampilan. Cara duduk, berjalan, dan tersenyum itu sebuah penampilan. Enggak ada istilah “bawaan orok”. Semua dibuat.

4. Etika atau Sopan Santun

Tanpa sopan santun yang ditunjukkan kepada orang lain maka takkan ada hubungan baik yang terjalin.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*