Film Romo Mangun “Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali” Tayang Januari 2021

Pemeran Romo Mangun di trailer film dokumenter Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali
Pemeran Romo Mangun di trailer film dokumenter Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Film dokumenter “Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali” berdurasi kurang lebih 60 menit (1 jam) yang mengangkat perjuangan Yusuf Bilyarta Mangunwijaya atau yang populer dipanggil Romo Mangun membangun permukiman Kali Code, Yogyakarta, sebagai perkampungan bermartabat dan berbudaya akan segera tayang dalam waktu dekat ini.

Saat dihubungi KalderaNews, penulis cerita sekaligus sutradara film, Sergius Sutanto membocorkan bahwa film yang saat ini sudah muncul trailernya di Youtube akan tayang pada Januari 2021.

“Film ini mendapat fasilitasi dari Kemendikbud. Nantinya bisa diakses di Youtube atau sosmed. Estimasi bulan depan Januari 2021,” tegas Sergius pada Selasa, 1 Desember 2020.

BACA JUGA:

Ia mengakui film dokumenter yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Fasilitas Bidang Kebudayaan 2020 ini masih proses finishing.

“Sementara masih finishing. Nanti dikabarin. Rencana sementara mau dipakai road show campus to campus juga. Kampusnya masih dibuat plannya karena baru rampung minggu ini,” tandasnya.

Kendati masih rencana Januari 2021, imbuhnya, tapi semua bergantung pada Kemendikbud.

“Kalau harus naik lebih awal, akan diusahakan,” tandasnya.

Sutradara Film Romo Mangun "Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali", Sergius Sutanto
Sutradara Film Romo Mangun “Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali”, Sergius Sutanto (KalderaNews/JS de Britto/Dok. LontarFoundation)

Diberitakan sebelumnya, film dokumenter drama yang trailernya sudah muncul ini diharapkan dapat membuka kembali lembaran sejarah ketokohan seorang budayawan dalam perjuangan Romo Mangun membela kaum lemah dan miskin di Kali Code.

Ketokohan yang dimaksud yakni bagaimana seorang Romo Mangun menyulap permukiman liar yang awalnya dipandang sebelah mata menjadi sebuah perkampungan yang bermartabat dan layak huni.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*