Teliti Cangkang Kerang Oyster untuk Bone Graft, Duet Siswa SMAK 1 PENABUR Sabet Emas

Florencia Stella, Marc Matthew Khorey, SMAK 1 PENABUR Jakarta
Florencia Stella dan Marc Matthew Khorey dari SMAK 1 PENABUR Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Duo siswa SMAK 1 PENABUR Jakarta, Marc Matthew Khorey dan Florencia Stella berhasil menggondol medali emas pada Lomba Peneliti Belia 2020 Tingkat Nasional Bidang Ilmu Hayati dengan penelitian berjudul “The Role of Crassostrea sp. as An Alternative Core Material in Bone Grafts“.

“Kami meneliti cangkang kerang oyster sebagai bahan inti alternatif dalam pembuatan bone graft. Secara garis besar, kami meneliti apakah cangkang tiram yang dianggap sebagai limbah tidak bernilai dapat menjadi sesuatu yang esensial seperti bioceramics yang menjadi salah satu bahan penyusun bone graft,” jelas Marc dan Florencia di Jakarta.

BACA JUGA:

Bone graft juga dikenal dengan nama cangkok atau transplantasi tulang. Prosedur ini dapat memperbaiki jaringan tulang di hampir seluruh bagian tubuh. Pada bone graft, operasi dilakukan untuk mengganti tulang yang rusak dengan tulang baru atau tulang pengganti.

Florencia mengakui ada banyak kendala yang harus dilewati di dalam kompetisi ini. Di samping perlombaan yang berlangsung secara daring, permasalahan lainnya yang lebih krusial adalah pada proses pengumpulan data hasil penelitian.

Ia mengakui proses perizinan untuk melakukan penelitian di LIPI cukup sulit karena masa pandemi. Prosedur dan protokol kesehatan harus dipatuhi lebih ketat dari biasanya.

Kendala lainnya diungkapkan oleh Marc, yakni terkait durasi waktu penelitian. Ia menegaskan terdapat sangat banyak kesalahan kecil yang berpotensi berdampak besar.

“Maka itu, kami sedikit merasa kewalahan karena topik yang kami angkat memerlukan proses reaksi dan proses pembuatan yang cukup rumit dan panjang. Namun, kendala tersebut akhirnya dapat kami atasi,” aku Marc.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*