Teliti Daging Analog, Mahasiswa UAJY Jadi Pemenang Nutrifood Terpilih

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KalderaNews/Dok. UAJY)
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KalderaNews/Dok. UAJY)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Kezia Febila Wibowo menjadi pemenang dalam kompetisi Nutrifood Research Center Grant 2020 yang diadakan oleh PT. Nutrifood Indonesia. Tema perlombaan tahun ini “Membangun Indonesia yang Lebih Sehat Melalui Penelitian Terkait Pembatasan Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak”.

Ia berhasil menjadi salah satu pemenang dengan topik penelitian “Daging Analog Kacang Tunggak Rendah Lemak Tinggi Protein dengan Penstabil Ekstrak Kulit Kakao”. Kezia menjelaskan bahwa judul yang ia ambil ini berasal dari masalah yang banyak dialami pada konsumsi daging yakni kolesterol tinggi serta potensi berbagai penyakit di dalam tubuh.

Daging analog dari kacang tunggak diklaim memiliki kadar lemak yang lebih rendah. Kacang tunggak banyak ditemukan di daerah Gunungkidul. Proses penggunaan kacang tunggak menjadi salah satu upaya dalam pengolahan bahan lokal. Lalu, penggunaan ekstrak kakao bertujuan untuk menciptakan tekstur daging analog semirip mungkin dengan daging asli.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*