3 Cara Bangun Pagi Tanpa Beban Agar Produktif Sepanjang Hari

Ilustrasi Bangun Pagi (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi Bangun Pagi (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa yang sering merasa bangun pagi merupakan beban hidup yang sangat berat? Bangun di pagi hari sebelum memulai aktivitas seharusnya menjadi rutinitas baik sebelum memulai sekolah atau bekerja.

Nah, pagi hari merupakan kunci untuk meraih hari dengan lancar dan produktif. Dilansir dari collegeinfo, supaya hatimu gembira, jauhkan dirimu dari handphone dan lakukan 3 aktivitas sederhana ini!

Buat Rutinitas Pagi

Jika kamu bukan maniak bangun pagi, maka kamu perlu mengambil pendekatan berbeda untuk membangun motivasi pagi itu. Untuk memulai, mari kita kembali ke konsep momentum produktif itu lagi dan mencoba menjelaskannya sedikit lebih baik.

BACA JUGA:

Cobalah melakukan rutinitas sederhana seperti mencuci piring. Olahraga tentu saja dapat membuat badan bugar, akan tetapi kalau kamu terlalu malas untuk melakukannya, maka coba lakukan hal kecil seperti mencuci piring atau memberi makan peliharaan.

Alasannya sederhana yaitu melakukan tugas manual yang sederhana merupakan aktivitas tingkat rendah yang dapat dilakukan pasca bangun tidur. Ini adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak kreativitas atau kekuatan otak. Coba bandingkan dengan menulis makalah atau belajar untuk ujian mendatang, hal itu merupakan aktivitas serius.

Begitu terbiasa mencuci piring, kamu mulai membangun momentum produktif. Otak kamu masuk ke mode kerja. Sesaat setelah cuci piring, kamu dapat menggunakan momentum itu untuk membawa diri ke tugas-tugas yang lebih sulit yang sebelumnya sangat sulit untuk dimulai.

Gunakan Aturan ‘3’ untuk Memotong Daftar Tugas Anda


Satu hal yang benar-benar dapat mematikan motivasi kamu di pagi hari adalah daftar tugas yang panjang yang kamu bahkan tidak tahu dapat selesai atau tidak. Buatlah daftar harian yang realistis.

Misalnya, lakukan pemisahan antara tugas harian dan tugas kerja/sekolah. Jangan terlalu banyak, cukup buat sebanyak 3 kegiatan inti yang membuat kamu fokus. Jika kamu terus-menerus membuat daftar tugas harian yang tidak pernah benar-benar kamu selesaikan, maka hanya menambah beban pikiran dan kamu akan merasa bersalah ketika melihat daftar harian di malam hari.

Lakukan 1 Hal yang Anda Sukai Setiap Pagi

Kamu dapat menggunakan sesuatu yang serupa kecil untuk memberikan motivasi untuk diri sendiri. Tidak harus sesuatu yang besar. Apa pun yang kamu sukai di pagi hari akan berkontribusi pada motivasimu secara keseluruhan untuk bangkit dari tempat tidur dan memulai hari.

Perbedaan dengan bagian rutinitas pagi yaitu rutinitas pagi merinci kegiatan di pagi hari, sehingga kamu tidak hanya melakukan cuci piring, tetapi juga rutinitas lain. Jika kamu terlalu lelah, kamu dapat melakukan 1 hal saja yang kamu sukai di pagi hari, misalnya yoga.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*