Apa Itu UKBI Adaptif Merdeka? Kuy, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Kamu

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz (KalderaNews/Dok. Pribadi)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan produk kebahasaan bernama Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. Platform ini menjadi instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia penutur bahasa Indonesia.

UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makariem menyebut pengembangan UKBI Adaptif Merdeka merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam pemajuan kebahasaan dan kesastraan melalui lompatan dalam hal desain dan sistem layanan uji saat peluncuran platform ini secara daring di Jakarta, pada Jumat, 29 Januari 2021.

Ia lantas berharap UKBI Adaptif Merdeka bisa memberikan dampak positif kepada penutur Bahasa Indonesia dari berbagai kalangan dalam meningkatkan aspirasi dalam memahami dan mempelajari Bahasa Indonesia, menghasilkan berbagai karya tulis dan digital berbahasa Indonesia, juga melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam membawa Bahasa Indonesia ke kancah internasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*