4 Ide Bermain Sains di Rumah Agar Tidak Bosan Sekolah Daring

Ilustrasi Sains (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi Sains (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Anak-anak yang mempelajari sains dari jarak jauh, khususnya, membutuhkan kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungannya, mengamati dan mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan tentangnya.

Jelajahi Suara

Sebelum terlibat dengan kegiatan ini, mintalah siswa untuk memikirkan tentang pertanyaan ini: Materi padat apa yang menghasilkan suara yang terbaik? Mereka akan membutuhkan koin dan pasangan (kemungkinan besar orang tua atau saudara kandung dalam situasi kita saat ini).

Mintalah siswa memilih tiga atau empat permukaan panjang, seperti lantai, dinding, jalan masuk, pagar, atau pagar di dalam atau di luar rumah mereka. Rekan akan mengetuk dengan mantap dengan koin sementara siswa meletakkan telinganya langsung di setiap permukaan.

BACA JUGA:

Selidiki Cahaya

Sebelum terlibat dengan kegiatan ini, mintalah siswa untuk memikirkan tentang pertanyaan ini: Mengapa kita melihat pelangi, dan bagaimana kita dapat membelokkan cahaya? Mereka membutuhkan CD atau DVD. Minta mereka memiringkan CD atau DVD ke arah cahaya terang, dan pindahkan ke sekeliling sampai bagian kecil memantulkan pelangi.

Minta mereka untuk menarik kesimpulan dari pertanyaan ini: Dapatkah Anda membelokkan atau membiaskan cahaya, tetapi tanpa pelangi? Berikut beberapa cara lain untuk mengarahkan anak membuat pelangi di rumah:

Gunakan prisma atau potongan kaca bertepi untuk membuat pelangi saat cahaya terang menerpa. Pada hari yang cerah, semprotkan air dari selang taman, cari minyak yang licin, atau letakkan cermin di segelas air untuk membuat pelangi.

Periksa Gaya dan Gerak

Sebelum terlibat dengan aktivitas ini, mintalah siswa untuk memikirkan tentang pertanyaan ini: Bola mana yang paling banyak inersia? Siswa dapat mendemonstrasikan kelembaman di rumah dengan beberapa bola berukuran berbeda dan kotak karton (seukuran kotak sepatu atau lebih besar).

Arahkan siswa untuk meletakkan kotak di tanah dan kemudian gulung setiap bola ke arah kotak menggunakan gerakan bowling. Minta mereka untuk menarik kesimpulan: Bola mana yang mendorong kotak dengan jarak terjauh? Mengapa? Cara lain untuk bereksperimen dengan gaya dan gerak adalah dengan menghitung kecepatan.

Untuk kegiatan ini, instruksikan siswa untuk menghitung kecepatan (jarak dibagi waktu) anggota keluarga atau teman mereka dalam perlombaan luar ruangan.

Mintalah siswa mengukur 10 meter, atau 10 yard, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk berlari jarak tersebut, dan kemudian hitung kecepatan mereka. Dorong siswa untuk meningkatkan kesenangan dengan melakukan balapan satu kaki atau balapan mundur, atau bermitra untuk balapan lompat katak.

Ujilah Misteri Ilmu Kehidupan

Sebelum terlibat dengan kegiatan ini, mintalah siswa untuk memikirkan tentang pertanyaan ini: Apa yang membuat segala sesuatu menghilang begitu mereka mati? Mereka akan menjelajahi alam bebas (atau setidaknya halaman atau taman).

Arahkan siswa untuk mencari jamur dan pengurai lainnya di lingkungan atau taman lokal mereka. Mereka dapat membalik kayu tua atau batu besar untuk menemukan cacing, kumbang, dan roly-polies (isopoda) yang memakan materi mati.

Minta mereka untuk mengambil foto dari semua jenis materi membusuk yang mereka temukan, dan ingatkan mereka untuk mencatat tanggal dan memperhatikan dengan seksama tanda-tanda mulai musim semi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*