5 Perbedaan Anak Introvert dan Ekstrovert

Anak ekstrovert dan introvert (KalderaNews.com/Ist)
Anak ekstrovert dan introvert (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi orangtua ataupun pendidik sangat penting untuk mengenal karakter anak-anak. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang pribadi anak agar lebih baik dan mudah dalam mencapai prestasi.

Salah satu tipe karakter yang dimiliki anak adalah introvert dan ekstrovert. Berikut perbedaan di antara dua karakter tersebut.

BACA JUGA:

1). Cara berfikir

Anak introvert sangat nyaman berfikir dalam diam. Ia senang sendiri saja untuk “mengisi ulang baterai” dalam dirinya
Sebaliknya, anak ekstrovert lebih nyaman berfikir sambil berbicara, bahkan ia berbicara untuk berfikir.

2). Cara mengenal orang

Anak introvert mengenal orang yang baru dijumpainya secara perlahan. Sementara itu, anak ekstrovert lebih cepat mengenal orang baru sehingga ia sangat cepat bergaul dan memiliki banyak teman.

3). Kegiatan yang disukai

Jenis kegiatan yang diminati anak introvert lebih sedikit ketimbang anak ekstrovert. Meski demikian, anak introvert melakukan kegiatan tersebut pada tingkat yang lebih dalam. Sedangkan anak ekstrovert menyukai banyak kegiatan namun melakukannya pada level yang dangkal.

4). Terhadap pusat keramaian

Anak introvert yang cenderung lebih tenang dan selalu menghindari pusat keramaian. Sebaliknya, anak ekstrovert terus ingin menjadi pusat keramaian. Ia selalu memusatkan energi keluar dirinya. Oleh karena itu, ia sangat senang jika guru terus memilih dan menunjuknya untuk menjawab atau menjadi perwakilan kelas.

5). Cara memandang situasi

Situasi yang ada di luar selalu dipandang anak introvert dengan cara menanyakan pada diri sendiri pengaruh situasi tersebut pada dirinya. Baik buruknya situasi tersebut sangat dipertimbangkan oleh anak introvert.
Sementara itu, anak ekstrovert dalam memahami situasi di luar dirinya ialah dengan terjun langsung, masuk dalam stuasi tersebut. (AC)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*