Apa Itu Cinta yang Paling Fundamental Mendasari Semua Jenis Cinta?

15 Jenis Bunga Valentine dan Makna di Baliknya
Mawar Merah: Simbol dari cinta sejati dan romantisme ini merupakan cara klasik pria untuk mengucapkan “I love you” (KalderaNews/Ist)

BANDUNG, KalderaNews.com – Dekan Pertama FSRD UK Maranatha, Gai Suhardja, Ph.D menegaskan cinta paling fundamental yang mendasari semua jenis cinta adalah cinta terhadap sesama manusia.

Hal ini ditegaskannya saat menjadi narasumber diskusi daring mengenai cinta dengan tema “Filsafat, Budaya, dan Seni untuk Cinta: Dunia Penuh Cinta Pasca Pandemi” pada akhir pekan lalu, Sabtu, 9 Desember 2021.

BACA JUGA:

Di diskukusi yang diselenggarakan Program Sarjana Seni Rupa Murni Universitas Kristen Maranatha bersama Forum Diskusi Filsafat, Budaya, dan Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Maranatha ini ia mengakui cinta memiliki banyak pengertian dan filosofi.

Cinta yang dibahasnya pun tidak hanya mengenai hubungan antara pria dan wanita, tetapi juga cinta dalam persahabatan, persaudaraan, dan cinta kepada Tuhan.

Ada pun wujud nyata cinta yang paling fundamental pada sesama adalah rasa tanggung jawab, kepedulian, respek, pemahaman tentang manusia lain, dan kehendak untuk melestarikan kehidupan.

Sementara itu, sifat cinta berdasarkan filsafat Yunani Kuno ada tiga yakni eros, philia, dan agape.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*