Beasiswa S1 KAIST ke Korea Selantan Tutup 28 Mei 2021

Beasiswa ke luar negeri
Beasiswa ke luar negeri (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) menawarkan kuliah S1 di Korea Selatan. Beasiswa KAIST ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di sejumlah jurusan atau program studi.

Beasiswa ini mencakup biaya penuh perkuliahan selama masa studi S1 di KAIST (8 semester) dengan catatan tetap mempertahankan hasil prestasi, tunjangan hidup sebesar 350.000 won atau setara kurang lebih Rp 4,45 juta per bulan (Estimasi satu won sama dengan Rp 12,72) dan asuransi kesehatan nasional.

Namun beasiswa ini tidak mencakup biaya asrama sekitar 100-300 dollar As per bulan atau setara Rp 1,4 juta sampai Rp 4,2 juta (bila satu dollar AS sebesar Rp 14.000), makanan dan biaya perjalanan ke Korea. Biasanya makanan yang ada di cafetaria campus harganya 4.000 – 5000 won atau setara Rp 50.880 sampai Rp 63.600. Untuk biaya yang tidak terpenuhi oleh beasiswa, peserta dapat mencari sumber pendanaan lain secara mandiri.

BACA JUGA:

Demi tetap mendapatkan beasiswa, setiap penerima Beasiswa KAIST harus mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3) setelah tahun pertama di KAIST.

Syarat Beasiswa KAIST

  • Pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan.
  • Orangtua pelamar bukan merupakan warga negara Korea Selatan
  • Lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya (untuk mendaftar Spring Semester 2021) ATAU yang akan lulus per tanggal 31 Agustus 2021 (untuk mendaftar Fall Semester 2021)
  • Bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT minimal 63 (baru) / TOEFL CBT minimal 220 / IELTS minimal 6,5 / TOEIC Listening & Reading minimal 720 / TEPS minimal 326 (baru)
  • Bagi yang menggunakan bahasa Inggris saat proses belajar di SMA/Sederajat (pemberian materi dan buku pelajaran seluruhnya dalam bahasa Inggris), maka tidak perlu melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Berkas-berkas yang Dibutuhkan

Dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

  • Formulir pendaftaran online
  • Satu Surat Rekomendasi yang diisi oleh 1 (satu) guru wali kelas/pembimbing akademik/guru Matematika/Sains yang disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi secara online. Surat Rekomendasi ditulis dalam bahasa Inggris atau Korea
  • Masukkan alamat email pemberi rekomendasi pada saat mengisi formulir pendaftaran secara online, sehingga pihak KAIST bisa menginformasikan cara mengirimkan Surat Rekomendasi pada platform online
  • Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolah asal atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang disubmit bisa berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang bisa membuat pihak panitia lebih mengenal sekolah asal peserta (maksimal 5 halaman)
  • Scan transkrip nilai SMA/SMK/Sederajat
  • Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT minimal 83/TOEFL PBT minimal 63 (baru)/TOEFL CBT minimal 220/IELTS minimal 6,5/TOEIC Listening & Reading minimal 720/TEPS minimal 326 (baru). Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir. Kode institusi KAIST untuk hasil skor TOEFL: 0195
  • Hasil Ujian kelulusan SMA Sederajat/SAT 1/SAT 2/AP/IB/GCE A-Level/ACT/hasil ujian masuk universitas/sertifikat olimpiade internasional (tidak wajib). Bagi yang melampirkan hasil ujian kelulusan SMA/Sederajat (Ujian Nasional/Ujian Sekolah), jelaskan mengenai prosedur, tingkat persaingan, dan hasil dari ujian tersebut dalam 1 halaman A4
  • Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor (pilih salah satu)
  • Statement of Financial Resources yang terdapat di formulir pendaftaran online. Pilih KAIST Scholarship
  • Sertifikat penghargaan atau prestasi maksimal 5 (tidak wajib).

Waktu pendaftaran 1 Maret 2021 – 28 Mei 2021 dengan melengkapi formulir pendaftaran secara online untuk mahasiswa internasional di KAIST pada website https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login dan informasi lengkap lainnya di link resmi https://admission.kaist.ac.kr/.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*