Mendikbud Nadiem: Asesmen Nasional Ditunda Sampai September-Oktober 2021

Mendikbud, Nadiem Makarim. (Ist.)
Mendikbud, Nadiem Makarim. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan bahwa jadwal asesmen nasional diundur sampai September dan Oktober 2021. Sebelumnya pelaksanaan asesmen nasional direncanakan dimulai Maret 2021.

BACA JUGA:

Pandemi Covid-19 menjadi alasan utama pengunduran jadwal asesmen nasional. “Mengapa ditunda? Alasannya adalah untuk memastikan bahwa persiapan kita baik dari protokol kesehatan, persiapan logistik dan infrastruktur lebih optimal,” kata Nadiem Makarim di Jakarta.

Asesmen nasional, kata Nadiem, penting dilakukan pada 2021, untuk melihat hasil pembelajaran dan dampak dari pandemi Covid-19 ke satuan pendidikan. Selain itu, asesmen nasional juga akan menjadi pemetaan untuk melihat sekolah yang tertinggal, sehingga bisa dibuat strategi anggaran dan bantuan untuk sekolah yang paling membutuhkan bantuan.

“Saat ini, kita tidak memiliki data sekolah dan daerah yang paling membutuhkan bantuan dari Pemda dan pusat,” ujar Nadiem.

Nadiem menjelaskan, tidak perlu ada persiapan khusus untuk menghadapi asesmen nasional, seperti mengikuti bimbingan belajar dan lainnya. Asesmen nasional ini tidak berdampak bagi kelanjutan pendidikan siswa. Asesmen naisonal, katanya, hanya memberikan visibilitas ke guru agar bisa memperbaiki diri serta lingkungan pembelajaran di sekolah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*