Viral Guru Non Muslim Ngajar di MAN Tana Toraja, Ini Klarifikasi Kemenag

Guru Madrasah (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Guru Madrasah (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

TORAJA, KalderaNews.com – Viral CPNS Guru Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja adalah non muslim, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah di Kemenag, Muhammad Zain pun memberikan klarifikasi karena dimungkinkan secara regulasi.

Menurutnya, sebagai sekolah berciri khas Islam, guru mata pelajaran agama di madrasah memang harus beragama Islam. Mata pelajaran agama itu antara lain Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadis, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

“Tapi, untuk guru mata pelajaran umum di madrasah, regulasi mengatur bahwa itu bisa juga diampu oleh guru non muslim. Hal itu sejalan dengan regulasi sistem merit,” tegas Muhammad Zain di Jakarta dikutip dari situs Kemenag, Minggu, 31 Januari 2021.

BACA JUGA:

Ia menjelaskan sistem merit adalah kebijakan dan manajemen SDM yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar, tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan merit yang diatur dalam regulasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*