Didominasi Perempuan yang Lebih Unggul, UNUD Lepas 1.785 Wisudawan




Wisuda Udayana
Wisuda di Universitas Udayana (KalderaNews/Dok. Unud)

JIMBARAN, KalderaNews.com – Universitas Udayana (UNUD) menghelat wisuda ke-140 yang berlangsung secara daring di Gedung Auditorium Widya Sabha pada Sabtu, 27 Februari 2021. Kali ini UNUD melepas 1.785 wisudawan.

Sesuai kebijakan pihak Universitas Udayana, wisuda kali ini kembali dilaksanakan secara online untuk kelima kalinya mengingat masih terjadi penambahan kasus Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Nyoman Gede Antara dalam laporannya menyampaikan wisudawan kali ini didominasi oleh kaum perempuan yang diatur 904 orang, sedangkan wisudawan laki-laki sebanyak 881 orang.

BACA JUGA:

Dari sisi prestasi akademik, IPK wisudawan perempuan lebih baik dari pada laki-laki, dimana rata-rata IPK perempuan 3,68 sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,58. Dilihat dari masa studi, rata-rata perempuan 7,82 semester, sedangkan laki-laki masa studinya lebih lama yaitu 8,80 semester.

Wisudawan yang memperoleh predikat Cum Laude sebanyak 423 orang dan wisudawan yang menerima beasiswa sebanyak 202 orang.

Rektor Unud, Prof. AA Raka Sudewi berpesan kepada seluruh wisudawan, untuk selalu bijak dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Ia juga meminta untuk menghasilkan inovasi yang berguna dalam mensejahterakan masyarakat, bangsa dan negara.

Sosok yang diharapkan juga tidak mudah terprovokasi dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan ideologi Pancasila. Selain itu, wisudawan juga dapat menjadi sosok teladan yang tangguh untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik dengan tetap berlandaskan etika dan norma-norma yang ada.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa “bangsa kita telah dilanda pandemi wabah Covid-19 yang hingga kini masih terjadi penambahan kasus positif. Selain itu, terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di beberapa daerah yang tentunya membawa pengaruh pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.“

Pemerintah saat ini tengah menggalakkan upaya vaksinasi untuk dapat mengeluarkan bangsa ini dari pandemi wabah Covid-19. Universitas Udayana sebagai lembaga pemerintah di bidang pendidikan, juga berkontribusi dalam penanganan wabah Covid-19.

UNUD berupaya membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui berbagai aktivitas yang telah dilakukan civitas akademika. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan program merdeka belajar kampus merdeka untuk meningkatkan kualitas SDM.

Guna menunjang implementasi program ini Universitas Udayana telah menjalin kerja sama dengan beberapa mitra yang relevan untuk saling berkolaborasi dan bersinergi untuk memberikan bekal kepada lulusan agar siap menghadapi persaingan dalam dunia kerja.

Melalui kerja sama yang dijalin, ia mengharapkan mitra dapat menyerap lulusan Universitas Udayana.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*