Guru Madrasah Wajib Membuat Pembelajaran Bermuatan Moderasi Agama




Guru Madrasah (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Guru Madrasah (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Agama mengingatkan agar guru madrasah membuat konten pembelajaran bermuatan moderasi beragama. Konten pembelajaran tersebut minimal mengandung indikator moderasi beragama, yaitu cinta tanah air, mengajarkan toleransi tinggi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.

BACA JUGA:

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag Muhammad Zain mengatakan, agar guru madrasah memiliki kemampuan membuat konten pembelajaran bermuatan moderasi beragama, maka ia harus memiliki kompetensi literasi agama.

Untuk melakukan penguatan literasi agama, Zain mengatakan, ada tiga tahapan yang perlu dilalui:

Personal competency

Langkah pertama adalah penguatan dan pemahaman keagamaan. Jadi, kata Zain, setiap guru madrasah mesti memahami dan memperkuat agamanya sendiri dengan baik.

Comparative competency

Tahap di mana seseorang yang beragama hendaknya juga memahami agama yang berbeda sehingga mampu memahami perbedaan, tanpa menyeret ke arah pertentangan, rivalitas, dan permusuhan.

Collaborative competency

Pada tahap ini, seseorang diharapkan mampu bekerja sama dengan siapa pun tanpa melihat perbedaan agama. Guru mesti memiliki kemampuan mencari titik temu dengan agama-agama lain untuk menciptakan kerjasama.

Terkait dengan moderasi agama, Kemenag juga memberikan pembekalan kepada 171 penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani mengatakan, moderasi beragama merupakan salah satu cara mewujudkan harmoni untuk bangsa.

Ali Ramdhani juga mengingatkan, beasiswa LPDP bersumber dari uang rakyat, maka diperlukan sikap konsisten para penerima beasiswa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah keragaman agama di Indonesia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*