Mimpi Kuliah di Taiwan? Beasiswa S1,S2,S3 MOE Buka Hingga 31 Maret 2021




Ilustrasi Taiwan (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Taiwan (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kabar gembira bagi Anda yang ingin berkuliah di Taiwan. Pemerintah Taiwan melalui Ministry of Education (MOE) kembali membuka Taiwan Scholarship Program 2021.

Melalui program ini, Anda berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa di jenjang pendidikan S1 hingga S3. Pendaftaran sendiri telah dibuka sejak 1 Februari dan ditutup 31 Maret 2021.

Merangkum informasi dari akun Instagram @tetotec_indonesia, program studi yang ditawarkan juga beragam mulai dari Administrasi Bisnis, Biologi, Desain Industri Kreatif, Ekonomi, Energi, Informatika, Kesehatan, Lingkungan, Manajemen, hingga Pariwisata.

BACA JUGA:

Detail Bantuan Beasiswa

Jika berhasil mendapatkan beasiswa ini, Anda akan mendapatkan dua jenis bantuan. Pertama tunjangan biaya hidup akan diberikan sebanyak NT$15,000/bulan (sekitar Rp7,4 juta) untuk jenjang S1 dan NT$20,000/bulan (sekitar Rp9,9 juta) untuk jenjang S2 dan S3.

Untuk bantuan biaya kuliah, setiap jenjang akan mendapatkan bantuan subsidi senilai NT$40,000 (Rp19,8 juta) setiap bulannya. Apabila biaya pendidikan yang dibutuhkan melebihi jumlah bantuan maka harus ditanggung oleh penerima beasiswa.

Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan juga tidak mencakup akomodasi, asuransi, pembimbing skripsi/tesis/disertasi, administrasi, dan lainnya.

Dokumen Pendaftaran Beasiswa

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Mengisi formulir pendaftaran Beasiswa MOE Taiwan
  2. Fotokopi paspor dan Kartu Keluarga
  3. Fotokopi ijazah & transkrip pendidikan terakhir (harus dalam Bahasa Inggris atau Mandarin)
  4. Fotokopi atau scen bukti telah mendaftar universitas di Taiwan
  5. Dua surat rekomendasi yang telah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop
  6. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa:
  • Program studi yang tidak menggunakan Bahasa Inggris: fotokopi sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) minimal level B1
  • Program studi yang menggunakan Bahasa Inggris: fotokopi sertifikat resmi TOEFL atau sertifikat Bahasa Inggris lain yang diakui secara internasional

Persyaratan Pelamar Beasiswa

1). Merupakan pelamar internasional (termasuk Indonesia) dan tidak memegang kewarganegaraan Tiongkok atau Taiwan.

2). Untuk mendaftar program S1, pelamar telah menyelesaikan SMA/Sederajat, dan untuk program pascasarjana, pelamar telah menyelesaikan jenjang studi S1 atau S2.

3). Memiliki catatan akademis yang bagus.

4). Memiliki karakter moral yang baik.

5). Pendaftar beasiswa wajib untuk melakukan pendaftaran secara mandiri terlebih dahulu ke universitas yang dituju di Taiwan.

6). Pelamar tidak diperkenankan mendaftar apabila:

  • Mempunyai status Overseas Chinese Student atau warga negara Taiwan.
  • Sudah terdaftar,sedang belajar, dan sudah diterima di universitas di Taiwan di tahun sebelumnya.
  • Pernah belajar di Taiwan pada tingkatan yang sama.
  • Sewaktu belajar di Taiwan, merupakan mahasiswa pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
  • Pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Taiwan total lebih dari 5 tahun.
  • Pernah membatalkan/dibatalkan dalam program beasiswa HES (Huayu Enrichment Scholarship).
  • Saat belajar di Taiwan di periode yang sama, peserta mendapatkan beasiswa dari pemerintah Taiwan lainnya atau beasiswa dari universitas. (Tidak termasuk jika universitas memberikan potongan biaya kuliah saat biaya kuliah melebihi beasiswa yang diberikan untuk kerja sama program beasiswa ini.)

7). Sehubungan dengan kebijakan pembatasan masuk Taiwan yang berdampak kepada para penerima beasiswa Taiwan di tahun sebelumnya (tahun 2020) tidak dapat pergi ke Taiwan. Oleh karena itu, pihak penyelenggara mengimbau bagi para penerima beasiswa Taiwan tahun 2020 yang masih berminat melanjutkan studi di Taiwan untuk melakukan pendaftaran beasiswa kembali.

Catatan Penting

  1. Selain mengirimkan dokumen persyaratan ke TETO, setiap pelamar wajib untuk mengisi formulir online.
  2. Dokumen fisik pendaftaran beasiswa dapat dikirimkan ke Kantor Taipei Economic and Trade Office di Gedung Artha Graha Lt.17, Jl.Jend Sudirman Kav.52-53, SCBD, Jakarta, 12190. Pada bagian depan amplop tuliskan “Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship”.
  3. Pengumuman beasiswa akan diberikan secara individu melalui email sebelum tanggal 4 Juni 2021.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*