Tingkatkan Fitur, Google Classroom Dapat Diakses Offline di Android

Ilustrasi Google Classroom (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Google Classroom (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) beberapa sekolah menggunakan Google Classroom sebagai pengganti tatap muka.

Melansir blog resmi Google, seiring bertambahnya pengguna dan untuk meningkatkan kenyamanan maka mulai akhir tahun 2021 Classroom menghadirkan fitur baru yakni mode offline. Nantinya, melalui mode ini para pengguna bisa mengakses data-data di Classroom tanpa internet.

“Kami memperbarui aplikasi classroom untuk Android agar dapat berfungsi saat offline atau ketika koneksi tidak lancar.” Tulis Google dalam unggahannya.

BACA JUGA:

Dengan pembaruan fitur ini, siswa dapat mengerjakan tugas-tugas mereka tanpa internet seperti membuka lampiran di Google Drive, dan menulis tugas di Google Docs.

Tidak hanya itu, Google Classroom juga mengembangkan fitur lain untuk mempermudah siswa dalam mengumpulkan tugas. Setelah memfoto tugas, siswa dapat menggabungkannya ke dalam satu dokumen dan merapikannya dengan mode pemotongan gambar (crop), memutar gambar, dan menyesuaikan pencahayaannya.

Tugas yang telah dikumpulkan tadi akan membuat guru lebih mudah dalam memeriksa serta memberikan masukan bagi siswa.

Untuk para guru, Classroom juga akan meningkatkan format penilaian. Karena banyak guru yang menggunakan Classroom dengan ponsel, Google akan mempermudah perpindahan penilaian tugas antar siswa, memberikan nilai saat memeriksa tugas, dan memberikan masukan (feedback).

Lebih lanjut, aplikasi yang diklaim telah digunakan lebih dari 150 juta guru dan murid di seluruh dunia ini akan memperkaya pemformatan teks. Baik guru maupun murid nantinya dapat menentukan sendiri pemformatan seperti menggunakan opsi teks tebal (bold), miring (italic), garis bawah (underline), dan poin-poin (bullets).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*