Hujan-hujanan, Yuk! Eits, Kenali Dulu 5 Manfaatnya untuk Anak

bermain hujan, manfaat hujan, manfaat hujan untuk anak
Bermain air hujan memberikan kesempatan pada anak untuk belajar hal baru dan makin kreatif. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Awal tahun memang identik dengan hujan di Indonesia. Hingga awal Maret ini hujan masih terus mengguyur dengan intensitas yang tinggi di banyak area. Tingginya curah hujan hingga menyebabkan banjir di beberapa kota.

Hujan kerap dituduh sebagai penyebab batuk dan pilek. Apalagi hujan-hujanan. Padahal hujan-hujanan itu sangat menyenangkan, bukan. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukainya.

Tahukah kamu bahwa hujan-hujanan itu ternyata punya banyak manfaat? Yuk, simak dulu sebelum berangkat hujan-hujanan.

BACA JUGA:

Mengurangi Stres Anak Akibat Belajar Daring

Disadari atau tidak, belajar daring cukup membuat anak stres. hujan-hujanan dapat membuat anak lebih rileks. Air hujan mengeluarkan suara yang disebut white noise  yang berfungsi sebagai pengirim sinyal ke otak sehingga merangsang pikiran anak lebih rileks.

Merangsang Kemampuan Motorik Anak

Saat seorang anak bermain air hujan, secara otomatis tubuhnya akan bergerak bebas hingga melompat. Kemampuan fisik motoriknya akan terstimulasi saat mereka berhujan-hujanan.

Mempertajam Indra

Mengenal alam secara langung dapat mempertajam indra. Suara-suara langsung dari alam yang didengar langsung akan memberikan pengalaman berbeda dan membuat lebih peka. Aroma segar, tanah basah, bunyi hujan dapat meningkatkan kepekaan indra dan dapat dipakai sebagai sarana mengenal serta adaptasi dengan perubahan kondisi sekitar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*