Umat Hindu Akan Merayakan Nyepi, Begini Rangkaian Upacaranya

Ilustrasi: Hari Raya Nyepi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Hari Raya Nyepi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Umat Hindu akan merayakan Hari Raya Nyepi, Minggu, 14 Maret 2021. Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka yang jatuh pada tanggal pertama atau kesatu bulan ke-10 dalam kalender Hindu.

Nyepi mengandung dialog spiritual yang dilakukan umat Hindu agar kehidupan selalu harmonis. Tidak seperti perayaan yang lain, selama hari raya Nyepi, jalanan akan sepi, tak ada aktivitas yang dilakukan, bahkan bandara dan toko pun ikut tutup.

BACA JUGA:

Sebelum Hari Raya Nyepi, beragam rangkaian acara dilakukan umat Hindu untuk menyambut Nyepi. Nah, berikut ini rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi yang harus kamu ketahui:

Melasti

Berasal dari kata “Mala” yang berarti kotoran, dan “Asti” yang artinya membuang atau memusnahkan. Upacara Melasti merupakan rangkaian upacara Nyepi yang bertujuan membersihkan segala kotoran badan dan pikiran, serta segala bentuk perbuatan yang telah terjadi di masa lalu.

Ritual Melasti diawali dengan berdoa agar umat Hindu diberi kekuatan saat melaksanakan Nyepi. Selama melakukan ritual ini, umat Hindu akan melakukan sembahyang di laut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*