Ketahui 6 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Otak Berikut!

meditasi, manfaat meditasi, latihan fokus,
Meditasi merupakan gerakan sederhana yang banyak manfaat. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Meditasi sering dianggap sebagai aktivitas yang dapat membantu konsentrasi belajar dan bekerja. Meditasi merupakan gerakan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja. Manfaat meditasi tidak hanya dikenal untuk fisik, melainkan untuk kesehatan otak juga.

Meditasi banyak dilakukan oleh orang paruh baya,  sayangnya, tidak banyak pelajar dan mahasiswa yang tahu bahwa meditasi juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan otak.

BACA JUGA:

6 manfaat meditasi untuk kesehatan otak ini haru kamu tahu!

Medaitasi Membuat Fokus Meningkat

Otak mempunyai mekanisme yang mampu membuat pikiran berkelana dari satu pikiran ke pikiran yang lain, dari satu hal ke hal yang lain. Meditasi membuat otak tidak terlalu mudah berpindah dari satu pikiran ke pikiran yang lain. Hal ini membuat kita lebih dapat mengontrol pikiran yang mulai ke mana-mana.

Meditasi Membersihkan Otak

Orang yang sering melakukan meditasi memiliki grey matter yang lebih banyak. Grey matter adalah tempat badan sel neuron dan merupakan tempat paling aktif di otak. Grey matter mempunyai fungsi pembersih otak dari bahan kimia yang berlebih.

Menguatkan Otak dalam Mengolah Perasaan

Bila telah rutin melakukan meditasi, ternyata bagian otak yang diberi nama kortikal di hippocampus terbukti makin tebal. Organ ini mengatur emosi dan proses kesadaran diri atau mindfulness. Tidak hanya itu, pada responden yang diteliti juga, amygdala pada otak mereka mengalami penurunan volume. Amygdala merupakan organ di otak yang memproses rasa takut, kecemasan, dan stres.

Menghilangkan Kecemasan

Meditasi juga sarana melatih pernapasan. Dengan pernapasan yang baik kecemasan yang dapat menimbulkan stres dapat berkurang secara signifikan

Meningkatkan Konsentrasi

Saat meditasi kita akan dilatih untuk berkonsentrasi pada satu waktu saat ini. Tidak memikirkan masa lalu atau masa depan yang belum pasti. Dengan rutin latihan meditasi. Kemampuan konsentrasi akan meningkat dan ini akan memudahkan kita untuk menyerap pelajaran.

Menyembuhkan Kecanduan

Menyebut kata kecanduan tidak sekadar bicara tentang alcohol, obat terlarang, narkotika, atau zat aditif lainnya. Kecanduan dapat juga tentang game online, berbelanja, atau menghabiskan waktu unutk hal yang kurang berguna. Meditasi dapat membantu untuk mengurangi ketagihan terhadap satu hal.

Begitu banyak manfaat yang didapat dari meditasi. Kegiatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Mumpung akhir pekan, kita coba belajar meditasi, yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*