Makin Mantap Siapkan Ujian, Ini Rekomendasi 5 Bimbel Online Terbaik untuk Siswa SMA

Ilustrasi Belajar Online (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Belajar Online (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain belajar formal di sekolah, banyak siswa mengikuti kelas bimbingan belajar atau bimbel online untuk menunjang prestasi.

Tidak hanya untuk membuat nilai lebih baik, banyak siswa mengikuti bimbel online karena merasa metode penyampaian materi lebih menarik dan mudah dimengerti.

Hal itu sangat penting terlebih bagi siswa di tingkat akhir seperti SMA yang harus mempersiapkan ujian SBMPTN dan penerimaan masuk universitas.

Kini di masa pandemi, kehadiran bimbel online semakin dicari karena siswa dapat belajar dengan waktu yang lebih fleksibel dan berbagai fitur yang ditawarkan dinilai mampu membuat belajar lebih menyenangkan.

Bagi kamu siswa SMA yang sedang mencari bimbel online, tim KalderaNews punya rekomendasinya untukmu:

1. Zenius

Rekomendasi bimbel online pertama adalah Zenius. Bisa dikatakan sebagai pelopor lembaga edukasi online, Zenius telah membantu jutaan siswa belajar sejak 14 tahun lalu.

Memiliki misi “To spark the love of learning, in everyone, everywhere, to question everything“, Zenius memiliki metode belajar yang ingin menanamkan rasa cinta belajar dan menghargai setiap proses belajar pada para siswanya.

Kini, Zenius dapat dinikmati melalui smartphone dan menawarkan berbagai program menarik seperti kelas intensif untuk UTBK, bank soal, try out online, sesi belajar interaktif, sampai memberikan laporan hasil belajar.

BACA JUGA:

2.Ruangguru

Ruangguru merupakan salah satu lembaga bimbel online yang cukup populer karena menyediakan kelas untuk berbagai tingkatan mulai dari TK/PAUD sampai dengan SMA.

Bahkan kini Ruangguru telah mengembangkan layanan untuk meningkatkan skill di dunia kerja bagi mahasiswa, profesional, dan umum melalui program Skill Academy.

Sementara, bagi para pelajar, beragam program menarik juga ditawarkan mulai dari belajar dengan video animasi, kelas khusus Bahasa Inggris, serta pembahasan dan diskusi soal bersama teman belajar se-Indonesia.

Adapula roboguru, salah satu fitur yang membantu siswa membahas serta menjawab pertanyaan cukup dengan memfoto dan mengunggah soal ke aplikasi di ponsel.

3.Quipper

Lembaga bimbingan belajar online selanjutnya adalah Quipper. Bukan dari Indonesia, Quipper pertama kali berdiri pada 2010 di London dan telah tersebar di beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, dan Jepang.

Untuk membantu para siswa memahami mata pelajaran, setiap materi yang dihadirkan Quipper telah mengikuti dan disesuaikan dengan kurikulum resmi dari pemerintah.

Menariknya, tidak hanya memberikan kelas bagi pelajar, Quipper juga memiliki program Quipper School yang diperuntukkan bagi para guru untuk membantu mereka dalam mengajar dan memberikan nilai.

Sementara, bagi kamu para siswa sejumlah fitur menarik yang disediakan antara lain layanan kelas interaktif bersama tutor yang menyesuaikan gaya belajar tiap siswa dan Quipper Campus yang menyediakan informasi kampus terlengkap dan berkualitas bagi siswa SMA.

4. Brainly

Bagi kamu yang lebih senang belajar dengan metode diskusi dua arah, Brainly jawabannya. Situs e-learning asal Polandia ini menyediakan wadah bagi penggunanya untuk memberikan dan menjawab pertanyaan dari user lainnya.

Melalui aplikasi Brainly, kamu dapat mengajukan pertanyaan apapun yang nantinya akan dikelompokkan dalam beberapa bidang studi seperti Matematika, Sejarah, Bahasa, Ilmu Sosial, dan berbagai bidang lainnya.

5. Rumah Belajar

Selain lembaga bimbel online milik swasta, pemerintah melalui Kemendikbud telah meluncurkan Rumah Belajar sebagai solusi belajar daring gratis bagi para siswa di seluruh Indonesia.

Tersedia dalam website serta aplikasi di Play Store dan App Store, Rumah Belajar menawarkan berbagai fitur antara lain bank soal, kelas maya, sumber belajar berisi berbagai materi bagi siswa dan guru sesuai kurikulum, serta laboratorium maya.

Melalui laboratorium maya, siswa dapat melihat simulasi praktikum yang interaktif dan menarik yang dikemas dalam lembar kerja siswa dan teori praktikum.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*