Alumni Kolese Kanisius Menteng Gelar Donor Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19




Konferensi pers Alumni Kolese Kanisius Jakarta tentang program Siap Divaksin Saat Vaksin Siap. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Konferensi pers Alumni Kolese Kanisius Jakarta tentang program Siap Divaksin Saat Vaksin Siap. (KalderaNews.com/y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah berhasil menggelar vaksinasi Covid-19 khusus bagi lansia di DKI Jakarta, Alumni Kanisius Menteng 64 (AM64) kembali menggelar kegiatan kemanusiaan, berupa donor plasma konvalesen dan donor darah, di Gedung Joeang, Jakarta.

Terdapat 30 penyintas Covid-19 dan 60 pendonor darah mendaftarkan diri.Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.

BACA JUGA:

Plasma konvalesen merupakan jenis plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

Ketua AM64, Irlan Suud mengatakan, kegiatan ini untuk memutus rantai penularan pandemi Covid-19. “Kami turut serta mendukung program pemerintah untuk memutus penularan covid-19 di Indonesia,” kata Irlan.

Para penyintas Covid-19 dan pendonor darah bukan hanya berasal dari alumni sekolah khusus siswa pria ini. Tapi, peserta berasal dari masyarakat umum.

“Kami sengaja menyelenggarakan sebelum Ramadan, untuk menghormati umat Islam yang tengah beribadah,” imbuh Irlan.

Sebelum dilakukan donor, para penyintas yang telah terdaftar menempuh screening atau pemeriksaan riwayat kesehatan dan pengambilan sampel darah. Bagi yang telah memenuhi syarat dapat mendonorkan plasma konvalesen mereka di PMI DKI Jakarta, di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Rektor Kolese Kanisius Menteng, Romo Heru Hendarto SJ mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang diselenggarakan alumni Kanisius. “Ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat baik,” tegas Romo Heru.

Seorang penyitas Covid-19, Oggy Hargiyanto mengatakan, donor plasma konvalesen merupakan kegiatan positif. “Ini donor plasma kedua saya. Saya merasa kondisi kesehatan saya semakin baik dengan mendonorkan plasma saya. Jadi bagi saya sangat baik kegiatan ini,” ujar Oggy.

Imanuel Iman, yang juga seorang penyintas Covid-19 dan pegiat AM64 menyebutkan, kegiatan donor plasma konvalesen ini sengaja dilakukan AM64 untuk mendorong agar semakin banyak pasien Covid-19 dapat disembuhkan melalui terapi plasma konvalesen.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*