Dear Mahasiswa, Mau Mencicipi Kuliah di Luar Negeri, Yuk Ikut Program IISMA 2021




Ilustrasi: Pertukaran mahasiswa internasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pertukaran mahasiswa internasional. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki Program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA). Program pertukaran pelajar ini untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa merasakan atmosfer pembelajaran di berbagai kampus ternama di luar negeri.

BACA JUGA:

Tahun 2021 sebagai tahun perdana program ini, menyediakan kuota sebanyak 1.000 mahasiswa Indonesia. Kemendikbud melalui Subpokja Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri sedang melakukan penjajakan kolaborasi dengan beberapa kampus di Amerika Serikat dan Kanada untuk menjadi calon mitra universitas.

Universitas yang berminat menjadi calon mitra diharuskan mengirim proposal berisi program/kegiatan yang akan diikuti oleh mahasiswa Indonesia disertai dengan ketentuan lainnya seperti pembiayaan, mata pelajaran, dan sebagainya.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud, Aris Junaidi menerangkan, mahasiswa yang mengikuti program ini akan belajar selama 1 semester di universitas terkemuka dunia yang setara dengan 20 SKS atau 3 sampai 4 mata kuliah.

Kemendikbud akan memfasilitasi secara penuh kebutuhan mahasiswa selama mengikuti program ini mulai dari tuition fee, book allowance, settlement dan living allowance, health insurance, transportation dan visa serta emergency fund.

“Kesempatan ini tentu dapat dimaksimalkan seoptimal mungkin oleh mahasiswa untuk menimba ilmu di universitas terkemuka dunia dan akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi kualifikasi persyaratan yang berlaku,” kata Aris Junaidi.

Melalui program ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki pengalaman belajar di kampus ternama di luar negeri. Tetapi juga berkesempatan untuk mengambil mata kuliah pilihan serta kegiatan-kegiatan yang ada yang diperuntukan bagi mahasiswa internasional.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*